Pringsewu Tampilkan Pembasmi Wereng di TTG Nasional

Tanggal 23 Sep 2019 - Laporan - 638 Views
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi. Foto. Ist.

MOMENTUM, Bengkulu--Pemkab Pringsewu menampilkan produk pembasmi hama wereng, EBM-02 (bio insektisida ramah lingkungan) pada ajang Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXI di Provinsi Bengkulu, 21-25 September 2019. 

Produk itu merupakan hasil Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMA Negeri 2 Pringsewu, binaan Bappeda dan Dinas PMP Kabupaten Pringsewu. 

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi yang menghadiri acara tersebut  berharap bisa memetik manfaat dari TTG Nasional XXI dengan tampilnya berbagai produk inovatif dari seluruh Indonesia. 

"Kita ingin ada yang bisa dipelajari dan dapat diterapkan di Kabupaten Pringsewu, yang tentunya disesuaikan dengan kondisi yang ada," harapnya.

Ketika mengunjungi sejumlah stan, ada beberapa produk yang menarik perhatian, diantaranya inovasi pompa air hemat energi tanpa listrik dan BBM yang diberi nama ARJU karya Ratno Budi Saputro, warga Desa Kaliurip, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Juga ada hot mixer paving block manual, yang berfungsi untuk mendaur ulang sampah plastik menjadi paving block karya Suprapto, warga Kecamatan Bunyu, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, serta beberapa inovasi lainnya dari berbagai daerah

Pada kunjungan itu, Fauzi didampingi Wakil Ketua TP-PKK Rita Irviani Fauzi, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Malian Ayub, Kepala Bappeda  Relawan dan Kadis Kominfo Pringsewu Kudus Heriyanto.

Pameran Teknologi Tepat Guna XXI dibuka Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, bersama Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah di Sport Centre, Pantai Panjang, Kota Bengkulu, Minggu (22-9-2019),.

Berbagai kegiatan digelar diikuti ribuan peserta yang berasal dari kementerian dan berbagai lembaga lainnya, serta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia. 

Diantaranya, lokakarya dan rakornis diselenggarakan oleh Ditjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT di Hotel Grage Horizon Bengkulu (23-9-2019). Widyawisata TTG di Kabupaten Kepahiang (24-9-2019), Gala Dinner di Balai Raya Semarak Bengkulu (21-9-2019) malam dan berbagai kegiatan lainnya. (rel/lis).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Telkomsel Tawarkan Paket Internet Super Seru ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Telkomsel menghadirkan paket Quota In ...


PT SBA Bantu Air Bersih untuk Warga Terdampak ...

MOMENTUM, Aceh – PT Solusi Bangun Andalas (SBA) mendistribusika ...


Foila Segera Tawarkan Proyek Investasi Terbar ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Forum Investasi Lampung (FOILA) perkuat ...


SBA Perkenalkan Praktik Tambang Berkelanjutan ...

MOMENTUM, Aceh -- PT Solusi Bangun Andalas (SBA) berkolaborasi de ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com