Uni Papua Football Community Jaring Pesepakbola Berbakat di Tubaba

Tanggal 23 Sep 2019 - Laporan - 707 Views
Charlie pelatih sepakbola Uni Papua Football Community memberikan keterangan terkait program pelatihan dan seleksi pesepakbola berbakat di Kabupaten Tubaba

MOMENTUM, Tulangbawang Tengah--Organisasi sosial Uni Papua Football Community bekerja sama dengan Pengurus Cabang Persatuan Sepakbola Seluru Indonesia (PSSI) serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menggelar seleksi penjaringan bibit pesepakbola muda berbakat.

Kegiatan tersebut berlangsung selama satu pekan, di lapangan sepakbola SMK Negeri 1 Pulungkencana.

Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tubaba Budiman mengatakan, selain program pelatihan ,kegiatan tersebut bertujuan menjaring bibit pesepakbola berbakat untuk didik di Akademi Sepakbola Tiga Naga di Kota Pekanbaru, Riau.

"Ini bagian dari upaya kita bersama PSSI untuk meningkatkan prestasi sepakbola di Kabupaten Tulangbawang Barat," kata Budiman pada Harianmomentum.com, Senin (23-9-2019).    

Pelatihan dan seleksi penjaringan bibit pesepakbola berbakat itu diikuti 100 peserta yang terdiri dari: 73 pelajar SD, SMP, SMA/SMK sederajat dan 27 guru olahraga dari tiga kecamatan: Tulangbawang Tengah, Tulangbawang Udik dan Kecamatan Tumijajar.

Maneger Uni Papua Football Community Ahmad Maulana mengatakan, nantinya dari pelatihan dan seleksi tersebut akan direkrut empat sampai lima peserta untuk mengikuti program pelatihan di Akademi Sepakbola Tiga Naga, di Pekanbaru.

"Nanti kita turunkan ahli sosiologi tentang olahraga untuk memilih yang memang benar-benar mempunyai bakat sepakbola dan dididik di Akademi Tiga Naga. Dari sana, nanti akan diseleksi lagi satu perwakilan dari Tulangbawang Barat untuk mengikuti program pelatihan di Eropa," terangnya.

Untuk kegiatan tersebut, Uni Papua Football Community membawa lima orang pelatih sepakbola: Charlie Crawford dari Amerika, Jamie Tamkinson dari Skotlandia, Casster De Tores dari Fipina, Frans Paraibobo dari Papua Sorong dan Willy Gultom dari Medan, Sumatera Utara.

pemengatakan, pemilihan Tubaba sebagai lokasi seleksi itu sebagai tindak lanjut kerja sama yang sudah terjalin selama lima tahun.

"Kami (Uni Papua Football Community) memang sudah menjalin kerja sama dengan Tulangbawang Barat selam lima tahun. Karena itu, kita melakukan program pelatihan dan seleksi di kabupaten ini," katanya.

Menurut dia, program pelatihan yang diberikan tidak hanya masalah skill, tapi juga meluputi etika, seperti: mejaga kelestarian lingkungan, menghindari minuman beralkohol, merokok dan penyalah gunaan narkotika.

Turut hadir pada pembukaan kegiatan tersebut,  Wakil Ketua Pengcab PSSI Tubaba Sodri Helmi. (sln)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


LFN 2024, Lampung Kirim Dua Wakil ke Babak 36 ...

MOMENTUM, Metro--Futsal Plus (putra) dan Platinum Angels (putri) ...


Pringsewu Raih Lima Medali di Kejuaraan Hapki ...

MOMENTUM, Pringsewu--Team olahraga bela diri hapkido Kabupaten Pr ...


KONI Lampung Gelar Bimtek Kepelatihan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI ...


Raker KONI Pringsewu Hasil Sejumlah Rekomenda ...

MOMENTUM, Pringsewu--Tapat Kerja Komite Olahraga Nasional Indones ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com