Hari Dharma Karyadhika 2019, Lapas Kotaagung Tes Urine Seluruh Pegawai

Tanggal 11 Okt 2019 - Laporan - 590 Views
Kalapas IIB Kotaagung, Sohibur Rachman (kiri)./ist

MOMENTUM, Kotaagung--Memperingati Hari Dharma Karyadhika 2019, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Kotaagung menggelar tes urine bagi seluruh pegawai setempat.

Bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tanggamus, tes urine juga dilakukan terhadap jajaran pegawai Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kotaagung, Jumat (11-10).

Kalapas Kotaagung, Sohibur Rachman mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Lapas dan Rutan seluruh Indonesia.

Hal itu, kata dia, berdasarkan surat ederan dari Kemenenterian Hukum dan Ham (Kemenkum HAM) RI dalam rangka Hari Dharma Karyadhika yang diperingati setiap tanggal 30 Oktober 2019.

"Total yang mengikuti jalannya tes urine sebanyak 60 petugas Lapas, dan memang ini sifatnya dadakan, karena surat ederan dari Kemenkum HAM baru kita terima kemarin pagi. Kegiatan tes urine untuk tahun ini sudah dua kali kita laksanakan. Harapannya semua petugas bersih dari narkoba," jelas Sohibur.

Kepala Rutan Kelas IIB Kotaagung Heri mengatakan, sebanyak 25 petugas mengikuti tes urine yang digelar di Poliklinik Lapas setempat. "Kegiatan yang sifatnya dadakan ini semaksimal mungkin diikuti karena memang merupakan rangkaian HUT Kemenkum HAM RI," terangnya.

Untuk itu, dia mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakn guna menciptakan instansi yang bersih, maka harus dimulai dari petugasnya.

Sementara itu, Kepala BNN Tanggamus, Kolbidi mengatakan, menurunkan sebanyak 10 orang yang tergabung dalam tim guna melaksanakan pemeriksaan urine terhadap pegawai Lapas maupun Rutan Kotaagung.

"Ini sesuai dengan permintaan dari Kalapas yang hari ini melaksanakan tes urine. Memang kita sudah sering bekoordinasi dengan pihak lapas dan kita nyatakan siap," ujar Kolbidi.(glh/jal)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Demi Narkoba, Pemuda Asal Pringsewu Gelapkan ...

MOMENTUM, Pringsewu--Bermodus rental, seorang pria berinisial AI ...


Seorang Penadah Motor Curian Ditangkap Polisi ...

MOMENTUM, Seputihbanyak--Setelah meringkus tiga orang pelaku penc ...


Lima Tahun Buron, Perncuri 52 Tabung Gas Dita ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Setelah sekitar lima tahun bersembunyi, pe ...


Polsek Punggur Bekuk DPO Pelaku Curat ...

MOMENTUM, Punggur--Gerak cepat jajaran Team Khusus Anti Bandit (T ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com