Pekerja PTPN VII Mengikuti Pembekalan Wawasan Kebangsaan

Tanggal 21 Okt 2019 - Laporan - 663 Views
Pekerja PTPN VII yang mengikuti kualifikasi karyawan pimpinan jalur promosi. Foto. Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 58 pekerja PTPN VII yang mengikuti kualifikasi karyawan pimpinan jalur promosi, mengikuti pembekalan program pembangunan karakter insan BUMN yang berwawasan kebangsaan.

Kegiatan itu berlangsung di Mess eks Dirkom PTPN VII di Kedaton, Bandarlampung, Senin (21-10-2019).

Kasubag Bagian SDM PT Perkebunan Nusantara (PTPN)VII Ronald Sudrajat mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan Surat Edaran Menteri BUMN tentang membangun karakter insan BUMN yang berwawasan kebangsaan.

Menurutnya, PTPN VII sebagai bagian dari BUMN wajib ikut menyukseskan program pemerintah, yang berimplementasi dengan membangun citra perusahaan, agar tidak terpapar berbagai radikalisme.

"Kegiatan ini diharapkan mampu menciptakan kerukunan, situasi aman dan kondusif serta mewujudkan kesatuan dan persatuan," katanya.

Tujuan dilaksankan kegiatan ini, tambah Ronald, untuk menjadi entitas acuan anak perusahaan dalam melakukan upaya membangun karakter insan perkebunan Nusantara Group yang berwawasan kebangsaan.

Sementara  AKBP Afrizal Sikumbang dalam materinya menjelaskan dalam kerangka NKRI, wawasan kebangsaan adalah cara kita sebagai bangsa Indonesia di dalam memandang diri dan lingkungannya dalam mencapai tujuan nasional yang mencakup perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai kesatuan politik, sosial budaya, ekonomi dan pertahanan keamanan, dengan berpedoman pada falsafah Pancasila dan UUD 1945 atau dengan kata lain bagaimana kita memahami Wawasan Nusantara sebagai satu kesatuan.

Menurutnya, dalam penyelenggaraan kehidupan  agar senantiasa mengarah pada pencapaian tujuan nasional diperlukan suatu landasan dan pedoman yang kokoh berupa konsepsi wawasan kebangsaan untuk mewujudkan aspirasi bangsa serta kepentingan dan tujuan nasional.

Wawasan nasional bangsa Indonesia merupakan wawasan nusantara yang tidak lain adalah pedoman bagi proses pembangunan nasional menuju tujuan nasional. Sedangkan ketahanan nasional adalah kondisi yang harus diwujudkan agar proses pencapaian tujuan nasional tersebut dapat berjalan dengan sukses. 

Secara ringkas dapat dikatakan bahwa wawasan kebangsaan dan Ketahanan Nasional merupakan dua konsepsi dasar yang saling mendukung sebagai pedoman bagi penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara agar tetap jaya dan berkembang seterusnya. (rls).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dorong Transisi Energi Berkelanjutan, Telkom ...

MOMENTUM, Badung-- Telkomsel dan PT Mobil Anak Bangsa Indonesia ( ...


Pj Bupati Pantau Stok Sembako di Pasar Propau ...

MOMENTUM, Kotabumi--Penjabat (Pj) Bupati H. Aswarodi, melakukan i ...


Grand Mercure Lampung Resmikan Executive Loun ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Grand Mercure Lampung, satu-satunya hote ...


Hingga Agustus 2024, Penyaluran KUR Bank Lamp ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Lampung konsisten menunjukkan komit ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com