Peringatan Sumpah Pemuda, Tegaskan Kembali Tekad Pemuda

Tanggal 28 Okt 2019 - Laporan - 606 Views
Raden Adipati Surya. Foto. Vit

MOMENTUM, Blambanganumpu--Peringatan ke-91 Tahun Sumpah Pemuda kali ini mengangkat tema: Bersatu Kita Maju. Tema itu untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun dan diikrarkan para pemuda pada 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

 

Hal tersebut disampaikan Bupati Waykanan  Raden Adipati Surya, membacakan sambutan tertulis Menpora RI Zainudin Amali, saat menjadi Inspektur Upacara Hari Sumpah Pemuda di lapangan pemkab setempat, Senin (28-10-2019). 

 

Adipati mengatakan, Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan bagi seluruh elemen bangsa. Tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda Indonesia bisa lebih maju. 

 

Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

 

Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, 

 

Namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari parnografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dari terorisme juga masuk dengan mudah apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

 

"Wahai pemuda Indonesia, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia," ujar Adipati

 

Semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air di kancah dunia, katanya. (vit)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Hima Akuntasi IIB Gelar Seminar Literasi Baha ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Himpunan Mahasiswa (Hima) Akuntansi I ...


LPM Pringsewu Bekerja Sama dengan LKP DMC Gel ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kabu ...


35 Anggota Paskibraka Provinsi Lampung Terpil ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Seleksi Paskibraka Provinsi Lampung berl ...


4 Calon Paskibraka Lampung Selatan Lulus Ting ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Lamp ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com