PSB Biling SMPN 1 Kotabumi Diprotes

Tanggal 16 Jul 2017 - Laporan - 1387 Views
Gedung SMPN 1 Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara: Foto: Yansen

Harianmomentum--Proses penerimaan siswa baru (PSB) melalui jalur bina lingkungan (biling) di SMP Negeri 1 Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara, diprotes orang tua calon siswa. Pelaksanaan PSB melalui jalur biling di SMPN tersebut, dinilai tidak transparan.

 

Sutrisno salah satu orang tua calon siswa yang gagal diterima dalam proses PSB jalur biling di SMPN 1 Kotabumi mengatakan, tidak mengerti apa penyebab anaknya tidak diterima.

 

Padahal menurut dia, anaknya memenuhi persyaratan untuk diterima di sekolah tersebut melalui jalur  biling.

 

“Jarak rumah saya dengan sekolah hanya sekitar 300 meter. Saya tidak mampu memberi ongkos transport  anak saya kalau harus  bersekolah di tempat yang jauh, makanya saya daftarkan jalur biling di SMPN 1 Kotabumi. Tapi kenyataanya tidak diterima, entah karena apa? Saya tidak ngerti.  Padahal, dari sisi nilia, anak saya juga  punya nilai bagus 79,” ungkapnya, Minggu (16/7).

 

Terpisah, Kepala Sekolah SMPN 1 Kotabumi Isro mengaku secara teknis tidak mengetahui proses PSB jalur biling. Dia hanya tahu kuota jalur biling hanya 10 persen dari total PSB.  

 

“Jalur biling diutamakan untuk masyarakat sekitar sekolahan yang tidak mampu.  Soal teknisnya, saya tidak tahu persis karena semuanya ditangani panitia  penerimaan siswa baru," kata Isro  melalui telepon.

 

Isro  menyarankan agar masalah tersebut dikonfermasi pada ketua PSB sekolah setampat, Sumarno

 

Saat dihubungi melalui telepon, Sumarno mengatakan telah melaksanakan proses PSB mengatakan telah melaksanakan seluruh proses dan tahapan PSB  jalur biling sesuai prosedur dan aturan yang berlaku. 

 

"Kami sesuai prosedur, jalur biling khusus untuk masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar sekolahan dengan radius minimal 500 meter," terangnya.

 

Jumlah siswa yang diterima melalui jalur biling, kata Sumarno, sebanyak 13 orang dari total  27 orang pendaftar. Kemudian disaring dengan melihat nilai ujian sekolah, masing-masing  siswa.  Ketika terdapat nilai yang sama , maka akan dilihat dari nilai mata pelajaran  matematika dan IPA. 

 

"Ya kita saring lagi dengan melihat nilai, dan semuanya merupakan keputusan panitia bersama melalui rapat. Tetapi saya lupa berapa standar  nilai minimal yang diterima dari jalur biling," jelasnya. (ysn)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Hima Akuntasi IIB Gelar Seminar Literasi Baha ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Himpunan Mahasiswa (Hima) Akuntansi I ...


LPM Pringsewu Bekerja Sama dengan LKP DMC Gel ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kabu ...


35 Anggota Paskibraka Provinsi Lampung Terpil ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Seleksi Paskibraka Provinsi Lampung berl ...


4 Calon Paskibraka Lampung Selatan Lulus Ting ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Lamp ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com