Kodim 0410 Bandarlampung Gelar Binter

Tanggal 12 Nov 2019 - Laporan - 561 Views
Peserta Binter Kodim 0410 Bandarlampung deklarasi damai

MOMENTUM, Bandarlampung--Komando Distrik Militer (Kodim) 0410 Bandarlampung menggelar acara Bina Teritorial (Binter). Kegiatan berlangsung di Gedung Kwarcab Pramuka, Bandarlampun, Selasa (12-11-2019). 

Kegiatan Binter tersebut diikuti ratusan anggota Pramuka Saka (satuan karya) Wirakartika dan perwakilan masyarakat serta unsur pemerintah.

Komandan Kodim 0410 Bandarlampung Kolonel inf.Romas Herlandes mengatakan, kegiatan itu bertujuan memperkuat komunikasi sosial TNI AD dengan aparat pemerintah dan perwakilan masyarakat se-kota Bandarlampung.

Pembinaan Teritorial, kata Dandim meliputi tiga hal. Pertama, memupuk semangat bela negara di sekolah dan lembaga pendidikan

Kemudian, bekerjasama dengan Kwarcab Pramuka Bandarlampung membentuk Saka Wirakartika. Saat ini, anggota Saka Wirakartika sudah memcapai 500 orang Pramuka dari 20 kecamatan di Bandarlampung. Ketiga menjalin komunikasi sosial dengan masyarakat, lewat masing-masing Koramil. 

"Selain tiga hal tadi, dalam rangka Binter 2019, kami juga mengadakan bedah rumah sepuluh unit, pembuatan fasilitas MCK (mandi cuci kakus) sebanyak empat pintu, serta empat poskamling di kelurahan Waykandis" kata Dandim. 

Asisten II Sekretariat Pemerintah Kota Bandarlampunh Pola Pardede mewakili Walikota Herman HN dalam sembutanya mengatakan, pemkot mengapresiasi kegiatan Binter Kodim 0410.

"Binter adalah program TNI AD, untuk mendukung pembangunan yang dilaksanakan pemerintah, khususnya di Kota Bandarlampung. Kegiatan ini sangat positif membantu percepatan pembangunan serta menanamkan nasionalisme kepada generasi muda," kata Pola Pardede.

Hal senada disampaikan Ketua Kwarcab Pramuka Bandarlampung Eva Dwiana.

"Kegiatan Binter ini sejalan dengan tujuan Pramuka sebagai wadah penggemblengan mental dan menanamkan jiwa nasionalisme kepada generasi muda di Kota Bandarlampung," kata Eva. 

Pada kesempatan itu Eva Dwiana memberikan kejutan beruoa kuis berhadiah sepeda untuk enam peserta binter yang menjawab pertanyaan.

Kegiatan Binter tersebut ditandai dengan pembacaan Deklarasi Damai oleh seluruh peserta. Isi deklari tersebut: menjaga persatuan di atas kepentingan pribadi, menjaga situasi  kondusif serta bersama membangun Kota Bandarlampung maju dan sejahtera. 

Turut hadir pada kesempatan tersebut jajaran forum komunikasi pimpinan daerah, perwkilan Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia dan organisasi kepemudaan Pemuda Pancasila. (rft)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Ketua PKK Lampung Hadiri Puncak Peringatan Ha ...

MOMENTUM, Surakarta -- Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, ...


Sejumlah Tokoh Nasional dan Lampung Iringi Pe ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Mendiang tokoh Nahdatul Ulama (NU) Lampu ...


Tokoh Lampung Berdatangan Takziah di Kediaman ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Masyarakat Lampung kehilangan tokoh besa ...


Besok, Mendiang KH Arief Mahya Dikebumikan di ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemakaman jenazah tokoh Nahdatul Ulama ( ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com