Sang Babinsa Inovatif Diganjar Anugerah Tjindarboemi

Tanggal 22 Nov 2019 - Laporan - 891 Views
Sertu Zulkarnaen bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi

MOMENTUM, Bandarlampung--Bertani dan beternak merupakan mata pecarian utama sebagian besar masyarakat dipedesaan. Begitu juga dengan masyarakat desa di Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan.

Beternak kambing, banyak dilakukam masyarakat di Kecamatan Sidomulyo sebagai usaha sampingan untuk menambah penghasilan keluarga.

Namun, kebanyakan usaha ternak kambing yang dilakukan masyarakat  belum sistem dan pola budidaya yang baik. Kebutuhan pakan ternak hanya mengandalkan rumput dan dedaunan yang tumbuh di pekarangan rumah atau kebun.

Akibatnya setiap kali musim kemarau, masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhan pakan ternak mereka.

Kondisi tersebut membuat Sersan Satu (Sertu) TNI Zulkarnaen terpanggil untuk membantu masyarakat mengatasi masalah kebutuhan pakan ternak.

Anggota Koramil 421-07/Sidomulyo, Kodim 0421 Lampung Selatan yang bertugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Desa Seloretno dan Sidodadi itu pun berinovasi.

Dia mengolah pakan ternak dari dedaunan dan rumput kering yang difermentasikan dengan campuran garam, gula merah dan cairan prebiotik EM4.

Selain sangat ekonomis dan mudah dibuat, pakan ternak hasil inovasi Sertu Zulkarnaen memiliki kandungan gizi yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan hewan.

Atas inovasi tersebut, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung memberikan penghargaan Anugerah Tjindarboemi 2019 kepada Sertu Zulkarnaen sebagai Tokoh Inovator Pakan Ternak Fermentasi.

Penghargaan tersebut, diserahkan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi pada malam puncak Pekan Tjindarboemi PWI Lampung 2019 yang berlangsung di Wood Stairs Cafe, Wayhalim, Kota Bandarlampun, Kamis malam (21-11).

Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian mengatakan Anugerah Tjindarboemi bentuk apresiasi untuk para tokoh yang dinilai punya konstribusi besar dalam berperan aktif menyukseskan program pembangunan di berbagai bidang. 

"Untuk menentukan anugerah ini, kami membentuk tim khusus. Artinya tidak serta merta menunjuk tetapi sudah memenuhi kriteria untuk mendapatkan penghargaan," kata Supriyadi.

Sebelumnya, penghargaan serupa juga diterima Sertu Zulakranaen dari Komandan Korem 043 Garuda Hitam dan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan. (alp)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Muhammadiyah Lamteng Bahas Program Kerja ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpin ...


Halalbihalal PWRI, Budiono Bakti Ungkap 13 Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wredatama Republik Indonesia ...


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com