PT GGP Bina UKM Keripik Pisang Cavendish Desa Tanjunganom

Tanggal 28 Nov 2019 - Laporan - 1463 Views
Peluncuran program pemberdayaan masyarakat untuk Usaha Kecil Menengah (UKM).

MOMENTUM, Lampung Tengah--Dalam upaya memberdayakan warga masyarakat sekitar perusahaan, manajemen PT Great Giant Pineapple (PT GGP) kembali meluncurkan program pemberdayaan masyarakat untuk Usaha Kecil Menengah (UKM). Program ini menyasar kelompok binaan Usaha Kecil Menengah (UKM) keripik pisang Cavendish desa Tanjunganom Kecamatan Terusan Nunyai Lampung Tengah.

UKM keripik pisang cavendish binaan PT GGP diluncurkan pada hari ini Kamis (28-11-2019) disaksikan jajaran pejabat dari Dinas Perizinan, Dinas Perindustrian, Dinas Pertanian Kabupaten Lampung Tengah, Camat Terusan Nunyai, Kepala Desa dan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Tanjunganom.

Samiyati selaku ketua kelompok usaha keripik pisang merek "Nabila" menuturkan bahwa usaha keripik pisang cavendish telah ditekuninya sejak April 2019 silam, usaha yang awalnya ia geluti sendiri kini sudah berkembang pesat dan saat ini Samiyati sudah mempekerjakan sebanyak 10 orang untuk membantu usahanya.

Sebelum menekuni usaha keripik pisang cavendish, Samiyati mengaku pernah membuat kripik pisang kepok. "Dulu saya pernah usaha membuat keripik dari pisang kepok tapi berhenti karena bahan bakunya susah," terang Samiati seraya mengatakan dukungan dari PT GGP kepada Kelompok Wanita Tani Flamboyan membuat Samiyati optimis melanjutkan usahanya sebab bahan baku utama pisang cavendish cukup melimpah.

Kini usaha keripik pisang cavendis yang dikelola oleh Samiyati bersama Kelompok Wanita Tani Flamboyan telah mampu memproduksi sekitat 2.500 kg pisang dalam satu bulan.

Dalam menjalankan usahanya  kelompok ini mendapat pendampingan dari manajemen PT GGP dan juga dibantu bahan baku berupa pisang cavendish, layout, packaging, pemasaran dan pengelolaan proses produksinya.

Sugeng Heru selaku Sn. Manager PG 1 mengatakan PT GGP telah memberikan kontribusi dengan memberdayakan masyarakat melalui peningkatan usaha kecil dan harapanya agar kerjasama ini bisa terus berkembang dan bisa menambah penghasilan masyarakat sehingga lebih sejahtera.

Produk kripik pisang cavendish dipasarkan dalam berbagai varian rasa diantaranya: rasa original, cokelat, keju, susu, green tea, balado, jagung manis, dll.

Selain di outlet Kopkar Dwikarya olahan keripik pisang cavendis Nabila ini dipasarkan menyebar di toko, kios dan  warung diseputaran Lampung Tengah.(rls)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Catat Kinerja Positif, PLTU Tarahan Terangi J ...

MOMENTUM, Tarahan--PLTU Tarahan selaku unit pembangkit listrik ya ...


Integrasi & Agregasi Infrastruktur dan Komodi ...

MOMENTUM, Jakarta--PT PGN Tbk memasuki era baru dalam layanan kom ...


Harga Membaik, PTPN I Supporting Co Genjot Pr ...

MOMENTUM, Pesawaran--Seiring membaiknya harga karet, Subholding P ...


Telkomsel dan Perusahaan dari Tiongkok Tawark ...

MOMENTUM, Jakarta -- Telkomsel bekerja sama dengan penyedia layan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com