Pemkab Lamsel Siap Dukung Tugas Lembaga Penyelenggara Pemilu

Tanggal 03 Des 2019 - Laporan - 557 Views
Rapat koordinasi Stakeholders Persiapan Pengawasa Pilkada Serentak tahun 2020, di Kabupaten Lampung Selatan

MOMENTUM, Kalianda--Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) siap mendukung dan memfasilitasi kelancaran tugas penyelenggaraan pemilihan umum kepala daerah tahun 2020 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kapala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Lamsel M. Ali pada rapat koordinasi Stakeholders Persiapan Pengawasa Pilkada Serentak tahun 2020, Selasa (3-12-2019).

Rakor yang berlangsung di Aula Negeri Baru Resort, Kalianda itu dihadiri perwakilan Bawaslu dan KPU Provinsi Lampung dan kabupaten setempat, para camat, perwakilan partai politik, kepolisian, TNI dan organisasi kemasyarakatan.

"Pemkab Lampung Selatan siap mendukung dan memfasilitasi kelancaran pelaksanaan  pilkada serentak tahun depan. Salah satunya dengan memberikan dana hibah kepada lembaga penyelenggara pemilu: Bawaslu dan KPU," kata M Ali mewakili Sekdakab Lamsel Fredy SM.

Komisioner Bawaslu Lampung dari Devisi Pengawasan Iskardo P. Panggar pada kesempatan itu memaparkan arah arah kebijakan strategis pencegahan dan implementasi fungsi pengawasan pilkada serentak tahun 2020.

Menurut dia, ada tiga racun yang bisa menyebabkan jalanya pilkada tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan: politik uang, intimidasi dan ujaran kebencian atau berita hoax melalu sosial. 

"Untuk mencegah racun pilkada itu, bawaslu sudah menyiapkan strategi pencegahan, antara lain: imbaun kepada masyarakat untuk menolak politik uang dan cermat serta bijak menggunakan media sosial," kata Iskardo.

Selain itu, lanjut dia, bawaslu juga mengimbau aparatur sipil negara untuk menjaga netralitas, tidak terlibat dalam kampnye dan menggunakan fasilitas negara. 

Hal senada disampikan komisioner Bawaslu Lampung lainya  Muhammad Teguh. Dia mengatakan, tugas utama lembaga tersebut dalam pengawasan pemilu bertjuan menjamin terselenggaranya pemilu langsung, umun, bebas, rahasia, jujur, adil dan berkualitas.

Sedangakan Ketua Bawaslu Lamsel Hendra Fauzi meminta,  pemkab aktif membantu tugas-tugas pengawasan pilkada dengan menjaga neteralitas ASN.

"Saya yakin dengan pengawasan bersama  dari stakeholders terkait, pilkada serentak dapat berjalan dengan lancar, sejuk dan kondusif," kata Hendra. (alp)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Jabatan Pj Bupati Mesuji dan Tubaba Berakhir ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Masa jabatan Penjabat (Pj) Bupati Mesuji ...


Pringsewu Wakili Lampung Pawai Kendaraan Hias ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Kabupaten Pringsewu mewakili Provinsi Lamp ...


Walikota Metro Evaluasi Program Kerja OPD ...

MOMENTUM, Metro--Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin mengevaluasi p ...


Metro Seleksi Pelajar Pelopor Keselamatan Lal ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota Metro melakukan seleksi pelajar ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com