Capaian Pembangunan Kabupaten Pesisir Barat

Tanggal 15 Des 2019 - Laporan - 2160 Views

MOMENTUM, Krui--Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) untuk mensejajarkan pencapaian program pembangunan dengan kabupaten lain di Provinsi Lampung.  

Di bawah kepemimpinan Bupati Agus Istiqlal dan Wakil Bupati Erlina program pembangunan dilakukan dengan skala prioritas untuk mensiasati keterbatasan anggaran.

Beberapa program prioritas yang dilaksanakan pada tahun 2019 meliput sejumlah sektor: perhubungan, pariwisata, pemukiman dan perumahan, kesehatan, informasi dan komunikasi serta perdagangan.

Pada sektor perhubungan, sepanjang tahun 2019, Pemkab Pesibar berhasil membuka jalur penerbangan domistik dengan menggandeng perusahaan penerbangan Wings Air.

Pembukaan jalur penerbangan Bandara Internasional Raden Inten II menuju Bandara Taufik Kiemas (Pesibar) bertujuan memperlancar akses kujungan wisatawan ke kabupaten setempat. 

Tahapan membuka jalur penerbangan tersebut dimulai dengan penambahan panjang dan lebar landasan pacu Bandara Taufik Kiemas  menjadi 1.600 meter kali 30 meter. Selaian itu juga dibangun sejumlah fasilitas penunjang di bandara tesebut, seperti terminal, perkantoran dan perumahan dinas. Selanjutnya, ke depan Pemkab Pesibar akan kembali menambah panjang landasan pacu Bandara Taufik Kiemas menjadi 2500 meter. 

Sedangkan  di bidang transportasi laut Pemerintah Kabupaten Pesibar menirima bantuan kapal pelyaran rakyat dai  Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. 

Kapal dengan 25 penumpang dan 10 ton barang itu melayani rute angkutan laut masyarakat dari Pelabuhan Kuala Stabas Kecamatan Pesisir Tengah menuju Kecamatan Pulau Pisang.Selain itu, Kementerian Perhubungan juga  memberikan bantuan berupa kapal motor untuk mendukung Wisata Bahari di Kabupaten Pesibar.

Di bidang perhubungan darat, Pemkab Pesibar mengoptimalkan fungsi terminal Kota Krui juta memanfaatkan bantuan bus dari Kemenhub dan kemendagri untuk transportasi masyarakat dan angkutan gratis untuk pelajar.

Pariwisata

Dengan panjang garis pantai mencapai 210 kilometer, Kabupaten Pesibar punya potensi wisata bahari yang sangat besar. Untuk memaksimalkanb pengembagan pemanfaatan potensi pariwisata tersebut, Pemkab Pesibar menyelenggarakan even tahunan berupa Kejuraan Surfing Internasional Krui Pro. Pada tahun 2019, even tersebut masuk dalam 100 kalendar pariwisata Kementerian Pariwisata.

Program pariwisata pada tahun 2019 difokuskan pada dua agenda: pengembangan destinasi pariwisata dan pengembangan serta pemberdayan sumber daya manusia.

Program pengembangan destinasi pariwisata dilakukan melalui Dana Alokasi Khusus Kementrian Pariwisata yang dipusatkan di kawasan wisata Tanjung Setia.

Program tersebut, antara lain meliputi: pembangunan gapura, pagar kawasan pariwisata,  gazebo, dan pembangunan kios cinderamata. Sedangkan di Pulau Pisang dilakukan pembangunan nomenklatur Pulau Pisang sebagai salah satu atraksi pariwisata.

Perumahan dan Permukiman          

Perogram perumahan dan pemukiman, dilakukan sejak tahun 2017 dengan membangun 385 unit rumah. Ricianya:  214 dibangun melalui program  Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSPS) dan 120 unit melalui program pembangunan perumahan khusus nelayan.

Kemudian pada tahun 2018, Pemkab Pesibar kembali mendapat bantuan rumah swadaya sebanyak  375 unit, BSPS 534 unit dan pembangunan rumah khusus nelayan 50 unit.

Pada tahun 2019, untuk prograqm  rumah swadaya pekon  sebanyak 136 unit dan rumah rumah swadaya kelurahan  20 unit, bantuan pembangunan sarana air minum broncaptering kapasitas 10 liter/detik pada tiga pekon di Kecamatan Lemong.

Pada tahun 2020 mendatang, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pesibar akan merealisasikan pembangunan rumah susun untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 40 unit.

Pembanguan rumah susun untuk ASN itu merupakan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan total dana mencapai R19 miliar.

Komunikasi dan Informatika

Untuk memperluas dan memperlancar akses telekomunikasi dan iformasi masyarakat, pada tahun 2019 Pemkab Pesibar memperoleh bantuan dari Badan Aksesbilitas dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo berupa 31 titik lokasi yang telah dipasang peralatan akses internet. Kemudian tiga lokasi pembangunan menara Base Tranceiver Station (BTS).

Kesehatan

Pada bidang kesehatan, Kabupaten Pesibar  telah memiliki Rumah Sakit Umum  Daerah  (RSUD) yang diberi nama RSUD KH.Muhammad Thohir sebagai salah satu fasilitas utama pelayanan kesehatan masyarakat. Selain itu juga dilakukan program pembangunan dan rehabilitasi pusksesmas,  antara lain:  Puskesmas Krui Kecamatan Pesisir Tengah, Puskesmas Biha Kecamatan Pesisir Selatan, Puskesmas Lemong dan Puskesmas Bengkunatbelimbing Kecamatan Bengkunat.

Selain itu juga dilakukan program akreditasi pada lima Puskesmas: Puskesmas Lemong, Puskesmas Biha, Puskesmas Ngambur, Puskesmas Bengkunat, Puskesmas Krui dan Puskesmas Pulau Pisang.

Perdagangan       

Di bidang perdagangan,Pemerintahan Kabupaten Pesibar pada tahun 2016 hingga tahun 2019 melakukan revitalisasi pasar, antara lain: revitalisasi Pasar Pekon Gedungcahya Kuningan Kecamatan Ngambur, Pasar Pekon Pagarbukit Kecamatan Bangkunat dan Pasar Rakyat Waybatu Kecamatan Pesisir Tengah. 

Penerangan Listrik PLN

Di bidang pelayanan penerangan listik PLN, rasio elektrifikasi ( pengisian daya listrik yang berasal dari sumber luar) Kabupaten Pesibar  pada tahun 2017 sebesar 49,87 persen mengalami peningkatan menjadi sebesar 58,96 persen pada tahun 2018. 

Pada tahun 2018, juga telah diopersaikan jaringan listrik bawah laut dengan kapasitas 20KV dari Pekon Tembakak ke Kecamatan Pulau Pisang. Selanjutnya pada tahun 2019  Pemkab Pesibar juga  telah memberikan bantuan pemasangan kwh listrik kepada pelanggan baru sebanyak 5.520 kwh.

Infrastruktur Perkantoran

Pembangunan infrasrtuktur perkantoran Pemerintah Kabupaten Pesibar dilaksanakan secara bertahap. Awal tahun 2019, pemkab telah memungsikan hasil pembangunan Kantor DPRD.

Sedangkan, proses pembangunan komplek perkantoran pemkab sudah mencapai 40 persen. Untuk pembangunan kantor  instansi vertikal, Pemkab Pesibar telah menyelesaikan pembangunan Kantor Cabang Kejaksaan Negeri Lampung Barat dan Pesisir Barat di Krui dan pembangunan kantor Koramil Pesisir Tengah. (asn)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Gubernur Buka Lampung Craft V ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi dan Ketua Dekra ...


Gubernur Segera Memasuki AMJ, DPRD Sebut Belu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bakal m ...


Pemkab Tulangbawang Gelar Sosialisasi dan Pel ...

MOMENTUM, Banjaragung--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang melakuka ...


Tahun Ini, Dana Desa untuk Kabupaten Mesuji R ...

MOMENTUM, Mesuji -- Dana desa untuk Kabupaten Mesuji, Provinsi La ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com