10 Puskemas Pesisir Barat Terima Penghargaan dari Kemenkes

Tanggal 15 Des 2019 - Laporan - 579 Views
Hari Kesehatan Nasional di Pesisir Barat. Foto. Asn.

MOMENTUM, Krui--Cakupan kampanye imunisasi MR (Measles and Rubela) di Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, melebihi target nasional atau di atas 95 persen.

Capaian kampanye pencegahan penyakit akibat virus campak dan rubella itu, 10 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Pesisir Barat memperoleh penghargan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 

Piagam penghargaan itu dibagikan Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Barat Tedi Zadmiko saat Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2019 di Labuhan Jukung, Ahad, 15 Desember 2019. 

Pada kesempatan itu, Tedi Zadmiko mengatakan, ada dua isu besar yang dituntaskan dalam pembangunan kesehatan. Yaitu, penuntasan stunting atau  kekurangan gizi akut pada bayi dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Sementara dari sisi keberhasilan pembangunan kesehatan, dia menyebutkan, pembangunnan sumber daya manusia (SDM) ditandai dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia dengan parameter meningkatnya usia harapan hidup.

Selain itu, juga terjadi penurunan angka kematian ibu dan anak, meningkatnya cakupan imunisasi, dan menurunnya angka penyakit paru-paru akibat kuman Mycobacterium tuberculosis yang dikenal dengan TB.

Untuk itu, dia mengimbau seluruh jajaran Dinas kesehatan untuk selalu meningkatkan soliditas dan menjalin kebersamaan yang positif.

Sementera sejumlah kegiatan memeriahkan HKN 2019 di Pesisir Barat, antara lain senam prolanis yang diikuti oleh tim yang berasal dari kelompok prolanis yang ada di masing-masing puskesmas, lomba bakiak, lomba duet song, dan lomba ketangkasan otak.

Pada kesempatan itu juga diserahkan hasil penilaian akreditasi puskesmas 2019 untuk empat puskesmas. Puskesmas Lemong, Biha, Ngambur, Bengkunat. (asn).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com