Pembangunan Tak akan Terwujud Tanpa Peran Masyarakat

Tanggal 17 Des 2019 - Laporan - 727 Views
Agus Istiqlal. Foto. Asn.

MOMENTUM, Pesisir Utara--Masyarakat berperan penting dalam menyukseskan pembangunan. Karena sebenarnya masyarakat bukan objek tetapi subjek atau pelaku dalam pelaksaan pembangunan.

"Tanpa peran masyarakat, pembangunan suatu daerah tidak akan sukses," demikian Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal saat berdialog dengan masyarakat di Pekon (Desa) Keuripan, Kecamatan Pesisir Utara, Selasa (17-12-2019).

Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, menurut Agus, merumuskan program pembangunan berdasarkan aspirasi masayrakat yang dilakukan berjenjang mulai dari tingkat pekon hingga kabupaten. 

Karena itu, tanpa dukungan dan keikutsertaan masyarakat, pembangunan yang dilaksanakan pemerintah tidak akan berhasil. Visi pembangunan Pesisir Barat adalah mewujudkan masyarakat madani, mandiri dan sejahtera. 

Dalam kunjungan ini, kata Agus, selain bersilaturahmi dan menyampaikan program pembangunan, juga untuk mendengarkan keinginan atau aspirasi masyarakat.

"Kegiatan ini bukan hanya menyerap asipirasi dan bersilaturahmi, tapi juga untuk memotivasi masyarakat untuk lebih berperan aktif mendukung pelaksanaan program pembangunan," katanya.

Menurutnya, Kecamatan Pesisir Utara yang sebagian masyarakat bermukit dekat pantai, rawan terancam abrasi. Ke depan pemerintah daerah akan melakukan antisipasi dengan membangun talud penahan abrasi. 

"Ke depan dibangun talud penahan abrasi. Tentu, dengan melihat kesiapan anggaran serta berupaya melalui program pusat," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Agus juga menyerkan santunan kepada anak yatim-piatu, kaum duafa, santunan kematian, sertifikat tanah serta kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el). (asn).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Muhammadiyah Lamteng Bahas Program Kerja ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpin ...


Halalbihalal PWRI, Budiono Bakti Ungkap 13 Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wredatama Republik Indonesia ...


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com