Peduli Lingkungan, Polres Lamsel Tanam Pohon di Pulau Mengkudu

Tanggal 09 Jan 2020 - Laporan - 939 Views
Polres Lamsel melakukan penanaman mangrove dan terumbu karang.

MOMENTUM, Bandarlampung--Peduli terhadap penghijauan lingkungan, aparat Kepolisian Resor (Polres) Lampung Selatan melakukan penanaman berbagai jenis pohon di pinggir Pantai Pulau Mengkudu.

"Kegiatan ini dilakukan untuk meminimalisasi dampak bencana alam, karena Pulau Mengkudu merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang terdampak tsunami," ujar Kapolres AKBP Edi Purnomo, di Desa Tototharjo Kecamatan Bakauheni, Kamis (9-1-2020).

Menurut dia, keluarga besar Polres Lampung Selatan (Lamsel) beserta Bhayangkari, Bhabinsa, Camat Bakauheni, kelompok peduli wisata dan dihadiri artis asal Lampung Andika Mahesa yang juga mantan vokalis kangen band melakukan kegiatan penghijauan dengan menanami beberapa jenis pohon serta terumbu karang.

"Pohon yang kami tanam diantaranya, mangrove, cemara laut, ketapang, mutun, cemara udang dan beberapa pohon lainnya," ungkap Kapolres Lamsel AKBP Edi Purnomo.

Kelak, lanjut Kapolres, diharapkan penanaman mangrove dan beberapa jenis tanaman lainnya serta terumbu karang dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, khususnya yang berada di wilayah pesisir pantai Lampung selatan.

Untuk itu, Polri mengajak seluruh masyarakat Lampung Selatan untuk bersama-sama menjaga ekosistem laut.

"Memperbanyak tanam mangrove dan beberapa jenis tanaman lainnya serta terumbu karang sama halnya dengan meminimalisasi dampak bencana alam," pungkasnya.

Menurut dia, mangrove merupakan benteng alami untuk mencegah terjadinya abrasi atau pengikisan pantai serta dapat meredam gelombang Tsunami..

Artis ibukota asal Lampung, Andika Mahesa mengapresiasi aparat Polres Lamsel karena melakukan kegiatan penghijauan di pantai tersebut.

"Kegiatan penghijauan yakni dengan menanami mangrove serta terumbu karang, harusnya menjadi kebiasaan masyarakat sebagai peran dalam menjaga ekosistem supaya tidak rusak" kata dia.

Dia mengaku senang diajak turut serta melakukan kegiatan positif yang bersifat membangun apalagi di daerah kelahiran Provinsi Lampung.

Andika Mahesa juga mengatakan, pantai yang ada di Lampung sangatlah bagus. "Saya berharap warga masyarakat khususnya Lampung Selatan dapat bersama-sama menjaga kelestarian ekosistem pantai," kata dia.

Jangan membuang sampah sembarangan, baik itu sampah plastik maupun lainnya karena dapat menyebabkan kerusakan pantai.

Selain itu, masih kata dia, pengunjung Pantai Pulau Mengkudu harus berhati-hati ketika melakukan snorkling supaya terumbu karang yang baru saja ditanam tidak rusak.

"Indahnya pantai ini adalah bagaimana kita menjaganya," pungkas Andika.(red)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Marindo Serahkan Bantuan Warga Tertimpa Musib ...

MOMENTUM,Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu memberikan ban ...


Peduli Sesama, Pemuda Pancasila Lampura Berba ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pemuda Pemuda Pancasila Kabupaten Lampung U ...


Kolaborasi dengan RKR, PWI Waykanan Berbagi R ...

MOMENTUM, Baradatu--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten ...


LPM Pringsewu Berbagai Sembako kepada Keluarg ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Elemen masyarakat yang tergabung di Lembag ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com