Masuk Islam, Budayawan Rusia dapat Nama Baru dari Bupati Tubaba

Tanggal 26 Jan 2020 - Laporan - 1367 Views
Budayawan asal Rusia Morris Shakaia berikrar sebagai seorang muslim dengan mengucapkan dua kalimat syahadat

MOMENTUM, Panaragan--Gelaran even kesenian dan budaya megalitik bertajuk Sharing Time Megalithic Melenium Art menjadi catatan sejarah yang mungkin tak pernah terlupakan bagi Morris Shakaia.

Pada even yang dihelat Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), 22 hingga 26 Januari 2020 itu, budayawan asal negara Rusia tersebut mengikrarkan keyakikan baru sebagai seorang muslim.

Bukan hanya itu, pada acara penutupan even tersebut, Minggu (26-1-2020) Morris mendapatkan kado istimewa dari Bupati Umar Ahmad. Kado tersebut berupa nama baru.

Baca juga: Kunjungi Makam Haji Pejurit, Warga Negara Rusia Masuk Islam

"Secara khusus untuk saudara kita Morris Shakaia yang telah resmi memeluk agama Islam, kami ucapkan selamat. Beliau kita berikan nama baru, Muhamad Bebalin Tubaba," kata Umar Ahmad.

Menurut Umar Ahmad, nama Muhammad Bebalin Tubaba, punya arti dan makna mendalam terkait keyakinan Morris sebagai seerang muslim, komitmen terhadap pelestarian budaya dan Kabupaten Tubaba.     

"Muhamnad adalah nama nabi besar panutan kaum muslim sedunai sebagai pembawa risalah Islam. Bebalin berasal dari bahasa Lampung yang artinya Berubah untuk terus berbenah menuju kebaikan dalam iman mau pun pelestarian kebudayaan. Sedangkan Tubaba adalah akronim nama Kabupaten Tulangbawang Barat," terangnya.

Dia berharap, dengan nama baru itu, Morris akan selalu meneladani Nabi Muhammad Salallahu Allaihuwsalam, dalam segela hal termasuk di bidang kebudayaan, khususnya Kabupaten Tubaba. (sln)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Tokoh Lampung Berdatangan Takziah di Kediaman ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Masyarakat Lampung kehilangan tokoh besa ...


Besok, Mendiang KH Arief Mahya Dikebumikan di ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemakaman jenazah tokoh Nahdatul Ulama ( ...


PWI Gelar Seleksi Atlet Catur dan Domino ...

MOMENTUM, Bandarlampung--PWI Lampung menggelar seleksi atlet catu ...


Kabar Duka, Tokoh NU KH Arief Mahya Berpulang ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar duka datang dari Provinsi Lampung. ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com