Bangun Infrastruktur Jalan, Pemkab Tubaba Siapkan Dana Rp40 Miliar

Tanggal 26 Jan 2020 - Laporan - 738 Views
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tulangbawang Barat Iwan Mursalin

MOMENTUM, Panaragan--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) terus berupaya meningkat kualitas sarana infrastruktur jalan untuk menunjang kelancaran progra pembangunan di bidang lainya.

Terkait upaya tersebut, pada tahu 2020 Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Tubaba menyiapkan anggaran Rp40 miliar untuk  peningkatan kualitas sarana jalan protokol sepanjang 20 kilometer.

Kepala DPUPR Tubaba Iwan Mursalin mengatakan, anggaran peningkatan kualitas ruas jalan protokol itu berasal dari babantuan dana alokasi khusus (DAK)  

Ruas jalan protokol yang akan diperbaiki, mulai dari Simpang Tiga Panaragan-Simpang Tugu Rato Nago Besanding. Kemudian dari Tugu Rato Nago Besanding menuju Simpang Siregar di Tiyuh Tirtamakmur. "Kedua ruas tersebut berada di Kecamatan Tulangbawang Tengah,” kata Iwan.  

Rincian anggaran perbaikan jalan tersebut: Simpang Tiga Panaragan-Tugu Rato Nago Besanding Rp23 miliar lebih dan dari Tugu Rato Nago Besanding menuju Simpang Siregar Rp15 Miliar lebih. 

Selain itu, pemkab juga akan melakukan penataan dan pelebaran akses jalan menuju obyek wisata Kota Budaya Uluan Nuggik.

"Selain DAK untuk pembangunan jalan, tahun ini kita (DPUPR) juga mendapat bantuan DAK sebesar Rp7 miliar untuk pembangunan saluranb irigasi," ungkapnya.

Program pembangunan irigasi tersebut akan dilaksanakan di tiga lokasi: Tiyuh/Desa Panaragan Kecamatan Tulangbawang Tengah, Tiyuh Margodadi dan Totomakmur Kecamatan Batuputih," terangnya.

Kegiatan proyek pembangunan jalan akan dilaksanakan bulan April karena target penyerapan DAK paling lambat bulan Mei 2020.

Selain dari itu, untuk mempercantik wajah kota, pemkab setempat juga telah membangun tugu Haji Pejurit Hidayatulloh tokoh penyebar islam di wilayah setempat pada abad ke 16 masehi.

"Tugu Haji Pejurit Hidayatulloh ini berdiri di wilayah Kecamatan Lambukibang. Pembangunanya menggunakan dana APBD  murni tahun 2019 sebesar Rp400 juta. Tahun ini, kita akan memercatik Tugu Haji Pejurit," ungkapnya. (sln)

Bukan hanya itu, tahun ini Pemkab Tubaba berencana kembali membangun tugu  disimpang tiga Tiyuh Panaragan, Kecamatan Tulangbawang Tengah.

"Itu nanti akan dibangun tugu juga, tapi belum disepaki dengan para tokoh dan elemen masyarakat kira-kira tuga apa yang pantas didirikan di simpang tiga arah Pemkab itu. Kalau nilai anggaranya lebih kurang Rp4 miliar," jelasnya. (sln)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dirawat di RSUAM, Satu JCH Lamtim Tunda Keber ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Satu jemaah calon haji (JCH) dari Lampun ...


Tunggulpawenang Bangun Jalan Rabat Beton Guna ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Pekon Tunggulpawenang, Kecamata ...


Tujuh Tungku Peleburan PT San Xiong Tidak Pe ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lampung me ...


Warga Kalirejo Protes Soal Jalan Rusak, Dinas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Warga Desa Poncowarno, Kecamatan Kalirej ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com