Kata Gubernur, Kita Kurang Salat

Tanggal 04 Feb 2020 - Laporan - 832 Views
Andi Panjaitan. Pemred Harian Momentum

MOMENTUM, Bandarlampung--Ada kalimat menohok dilontarkan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi usai memaparkan sejumlah program kerjanya, kepada para media, kemarin.

Saat berjalan menghampiri meja yang diduduki para pemimpin redaksi (pemred) di bagian depan, Arinal berkata; Sumber daya alam melimpah. Sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten di bidangnya banyak. Usaha juga tidak kurang- kurang. Tapi, kenapa hasil produksi pertanian belum juga maksimal? Karena kita kurang salat.

Sepintas, ucapan Arinal itu hanya candaan semata. Terlebih disampaikan sembari tertawa. Tapi, jika dicermati lebih dalam tentu kalimat itu penuh makna.

Sebagai makhluk hidup, tentu kita wajib berusaha semaksimal mungkin agar hasil yang diperoleh juga baik. Tetapi, dalam agama kita juga dituntut untuk senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena Dia-lah Sang maha penentu segalanya.

Di dalam Islam, doa biasanya kita panjatkan kepada Allah SWT usai salat. Pertanyaannya, sudahkah kita menunaikan salat wajib lima waktu?

Jika sudah, apakah kita (yang bukan petani) pernah berdoa agar hasil pertanian di negeri ini melimpah? Saya rasa pertanyaan itu cukup kita jawab di dalam hati masing- masing.

Kesimpulannya; usaha tanpa doa adalah kesombongan dan doa tanpa usaha adalah kesia-siaan.

Melalui tulisan ini saya mengajak semua pembaca untuk membantu medoakan gubernur agar mampu mewujudkan sejumlah program kerjanya.

Terutama untuk memajukan petani, meningkatkan produksi pertanian hingga Lampung Berjaya dapat terwujud. Amin. Itu saja, tabikpun. (*)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Menang Jadi Arang Kalah Jadi Abu ...

MOMENTUM-- Sejak awal Maret lalu, saya sebenarnya sudah mendapat ...


Pesan Khatib di Mimbar Jumat ...

MOMENTUM-- Pemilihan presiden (Pilpres) menjadi magnet tersendiri ...


Siklus Kehidupan ...

MOMENTUM-- Dulu, ketika beranjak remaja, saya selalu mendapat tug ...


Unila kembali Bergejolak ...

MOMENTUM-- Universitas Lampung (Unila) kembali jadi sorotan publi ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com