Tobas: Kader Nasdem Harus Jadi Jubir Empat Pilar Kebangsaan

Tanggal 08 Feb 2020 - Laporan - 637 Views
Ketua Fraksi Nasdem untuk MPR RI Taufik Basari saat memaparkan Empat Pilar Kebangsaan//ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Fraksi Nasdem untuk MPR RI Taufik Basari menekankan agar seluruh kader partai besutan Surya Paloh itu mampu menjadi juru bicara (jubir) Empat Pilar Kebangsaan.

Empat Pilar Kebangsaan: Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

Hal itu disampaikannya saat sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di ballroom Horison Hotel, Bandarlampung, Sabtu (8-2-2020).

"Para kader, khususnya legislator dari Nasdem harus bisa menjadi juru bicara (jubir) empat pilar kebangsaan. Jadi dalam agenda reses DPRD bisa diselipkan, materi empat pilar kebangsaan didalamnya," kata Tobas.

Dengan bantuan legislatif tingkat provinsi dan kabupaten/kota, Tobas berharap Empat Pilar Kebangsaan dapat tersosialisasi secara menyeluruh.

Menurut Tobas, sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan secara menyeluruh sangat dibutuhkan. Sebab kepatnya menjadi pondasi bangsa.

"Pancasila adalah dasar negara yang dituangkan dalam Piagam Jakarta. Nilai-nilai Pancasila digali dari kehidupan bangsa Indonesia, mulai dari gotong royong hingga musyawarah mufakat yang berkeadilan sosial," jelasnya.

Sedangkan UUD 45, kata dia, menjadi sumber hukum dari aturan-aturan yang ada. "Ini adalah kesepakatan atau kontrak dari negara. Selama kita menjadi warga NKRI maka kita harus menyetujui kontrak tersebut," jelasnya.

Sebelumnya Tobas menjelaskan, dalam paragraf pertama, UUD isinya tentang hakikat kemerdekaan Indonesia. "Kita lahir dalam keadaan merdeka, bukan budak. Maka penjajahan harus dihapuskan," jelasnya.

Paragraf ketiga, sambung Tobas, menegaskan tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia. "Kita harus menyatakan kita merdeka, bersatu dan berdaulat. Maka kita harus bisa berdiri di atas kaki kita sendiri," tegasnya.

Di paragraf berikutnya, UUD mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersyukur atas kemerdekaan yang diperoleh. "Karena itu, kita harus dapat menghargai perjuangan para pejuang kita," ujarnya.(acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


KPU Lampura Tetapkan 45 Caleg Terpilih Pemilu ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampu ...


Mantan Bupati Lampung Timur Daftar Cawagub di ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN, Irfan ...


Herman HN Lamar Jadi Bakal Cagub Lewat Demokr ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua DPW Nasdem Lampung, Herman HN mela ...


Gelar Nobar Piala Asia U23, Rahmat Mirzani Di ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kegiatan nonton bareng (nobar) pertandin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com