Tanggulangi Malaria, Pemkab Pesawaran Rakor Lintas Sektoral

Tanggal 27 Jul 2017 - Laporan - 1098 Views
Rakor lintas sektoral Pemkab Pesawaran membahas penanggulangan penyakit malaria.

Harianmomentum--Empat kecamatan masih menjadi daerah rawan penularan penyakit malaria. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa, saat membuka rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral upaya eliminasi penyakit malaria. Kegiatan berlangsung di aula  kantor pemkab setempat, Rabu (26/7).

"Empat kecamatan di Kabupaten Pesawaran: Telukpandan, Padangcermin, Margapunduh dan Kecamatan Punduhpidada, selama tiga tahun terakhir masih terjadi peningkatan insidens penyakit malaria. Hal ini menggambarkan masih besarnya masalah penyakit tersebut di kabupaten ini,” kata Hendarma.

Dia melanjutkan, penyakit malaria merupakan jenis penyakit yang menjadi perhatian masyarakat dunia. Melalui komitmen global dalam sidang World Health Award ke-60 tanggal 23 Mei 2007 di Jenewa, menyatakan setiap negara perlu memberikan dukungan dalam upaya pemberantasan malaria.

“Menteri Kesehatantelah menetapkan kebijakan melalui Kepmenkes Nomor 293/MENKES/SK/IV/2009 tentang eliminasi malaria. Demikian pula Menteri Dalam Negeri melalui surat dengan Nomor 443.41/465/SJ, yang ditujukan pada seluruh gubernur dan bupati/walikota tentang Pedoman Pelaksanaan Program Eliminasi Malaria di Indonesia,” terangnya.


Dia menambahkan, besarnya masalah penyakit malaria juga disebabkan karena terdapatnya daerah yang berpotensi menjadi tempat perindukan vektor malaria, khususnya  yang terbentuk secara alami seperti lagun dan rawa.


Dia berharap dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut dapat diperoleh rumusan yang jelas tentang solusi penanganan penyakit malaria di Kabupaten Pesawaran.

"Kalau sudah dirumuskan, kita bisa melanjutkan dengan merencanakan kegiatan dan anggaran pendanaan pada masing-masing satuan kerja dan sektor terkait, untuk mencegah penyebaran penyakit malaria di kabupaten ini,” harapnya. (doy)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Peringati HUT ke-63, IKWI Lampung Gelar Disku ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke ...


Pemkab Pandeglang dan Astra Financial Resmika ...

MOMENTUM, Pandeglang --  Puskesmas Pembantu (Pustu) Pakulura ...


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


Rumah Sakit Sri Pamela Membang Muda Resmikan ...

MOMENTUM, Medan -- Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang be ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com