Lamtim Sosialiasi Pencegahan Kanker IVA

Tanggal 25 Feb 2020 - Laporan - 554 Views
Sosialisasi pencegahan dan diteksi dini kanker mulut rahim dan kanker payudara, di Kabupaten Lampung Timur

MOMENTUM, Labuhanratu--Kanker mulut rahim dan kanker payudara menjadi salah satu penyakit dengan resiko kematian tinggi pada kaum perempuan.Untuk itu perlu dilakukan sosialisasi berkelanjutan kepada masayarakat, khususnya kaum perempuan agar memhami upaya pencegahan penyakit tesebut.

Hal tersebut disampaikan Bupati Lampung Timur (Lamtim) Zaiful Bokhari saat menghadiri kegiatan Pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA) dan Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis). Selasa (25-2-2020).

Kegiatan memperingati Hari Kangker Sedunia itu berlangsung di PT Great Giant Pineapple (GGP) Desa Rajabasalama I, Kecamatan Labuhanratu.

Menurut bupati, berdasarkan data badan kesehatan dunia (WHO), penyakit menular sudah tidak lagi menjadi penyebab kematian terbanyak. melainkan penyakit tidak menular seperti kanker. Termakus kanker mulut rahim dan kanker payudara.

"Setiap tahun ada 12 juta orang di dunia yang menderita penyakit kanker dan tujuh juta orang diantaranya meninggal dunia," kata Zaiful.

Zaiful berharap, kegiatan baksos pemeriksaan IVA dan Sadanis itu dapat semakin memotivasi masyarakat, khususnya kaum wanita untuk melakukan deteksi dini terhadap resiko penyakit tersebut.

"Kegiatan promotif, prefentiv dan deteksi dini sangat perlu dilakukan. Karena itu, masyarakat tidak perlu sungkan untuk konsultasi kepada dokter spesialis sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," imbaunya.

Pada kesempatan tersebut bupati didampingi Ketua Tim Penggerak PKK setmpat menyerahakan bantuan  sembako kepada masyarakat tidak mampu. (**)

Laporan: Arif Fahrudin

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


Rumah Sakit Sri Pamela Membang Muda Resmikan ...

MOMENTUM, Medan -- Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang be ...


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com