Besok, Ratusan Calon PPS Ikuti Seleksi Tertulis

Tanggal 03 Mar 2020 - Laporan - 570 Views
Ketua KPU Bandarlampung Dedy Triyadi

MOMENTUM, Bandarlampung--Ratusan calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Bandarlampung akan mengikuti seleksi tertulis, Rabu (4-3-2020).

Ketua KPU Bandarlampung Dedy Triyadi menjelaskan secara keseluruhan jumlah calon PPS yang akan megikuti seleksi ada 887 dari 126 kelurahan.

"Besok (Rabu) kami jadwalkan seleksi tertulis calon PPS. Pesertanya berjumlah 887 dari 126 kelurahan di Bandarlampung," kata Dedy kepada harianmomentum.com, Selasa (3-3).

Dia menjelaskan dari seleksi tertulis akan ditentukan enam orang tiap kelurahan yang melanjutkan ke tahap berikutnya. "Untuk satu kelurahan nanti kita ambil enam peserta ke tahap selanjutnya," ujarnya.

Sementara, Komisioner KPU Bandarlampung Hamami menerangkan ada lima lokasi penyelenggaraan seleksi tersebut untuk 20 kecamatan: Aula SMP Negeri 16 Bandarlampung, Wisma Santo Albertus, Gedung Pascasarjana UIN Raden Intan, Gedung Universitas Saburai dan Universitas Tulangbawang.

Terkait materi seleksi, Hamami menerangkan soal yang akan diujikan berjumlah 75. "Dari 75 soal dibagi menjadi lima mata uji: verifikasi perseorangan, pemutakhiran data pemilih, pembentukan KPPS dan PPDP, tupoksi PPS dan KPPS, kewilayahan dan geografis," terang Hamami.

Dia berharap proses seleksi dapat berjalan lancar dan menghasilkan penyelenggara pemilu tingkat kelurahan yang handal, menjaga prinsip pemilu yang transparan, jujur dan adil. 

"Kami berharap setelah pembekalan SDM bagi PPK, selanjutnya PPK bisa mengawasi proses perekrutan PPS," tambahnya. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Bawaslu Mesuji Jaring Panwaslu Kecamatan 2024 ...

MOMENTUM, Mesuji--Bawaslu Kabupaten Mesuji menjaring Panitia Peng ...


Paguyuban Turonggo Cipto Manunggal Lampung Du ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Paguyuban Turonggo Cipto Manunggal Lampu ...


Hajin M Umar Ikut Penjaringan Cabup di PDIP T ...

MOMENTUM, Tanggamus--Hajin M Umar sambangi Dewan Perwakilan Caban ...


Dikawal Ketua DPD II Golkar se Lampung, Arina ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua DPD I Golkar sekaligus Gubernur La ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com