Pelantikan Pengurus IKAFAH, Pemkab Pesibar-Unsab Jalin Kerjasama

Tanggal 08 Mar 2020 - Laporan - 642 Views
Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal bersama pengursu IKAFAH Universitas Saburai

MOMENTUM, Bandarlampung--Ikatan Alumni Fakultas Hukum (IKAFAH) Universitas Saburai (Unsab), Bandarlampung harus mampu memaksimalkan peran para intelktual dalam memberikan kontribusi positif dalam pembangunan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Pesisir Barat (Pesibar) Agus Istiqlal saat menjadi pemateri pada seminar bertajuk Peran Pemerintah Daerah dalam Membangun Budaya Hukum di Masyarakat, Sabtu (7-3-2020). Seminar yang menjadi rangkaian acara pelantikan pengurus IKAFAH Unsab tersebut berlangsung di Gedung Dokumentasi Kampus  Universitas Saburai Bandarlampung.

"Implementasian kepemerintah demokrasi di Indonesia dibagi secara vertikal dan horizontal. Secara vertikal ada lembaga-lembaga tinggi negara seperti eksekutif, legislatif dan yudikatif. Sedangkan secara horizontal juga ada pembangian pada lembaga-lembaga penerintaah daerah:  provinsi maupun kabupaten/kota," kata  bupati.

Dia melanjutkan, terkait upaya mencipatakan masyarakat sadar hukum, Pemkab Pesibar telah membentuk program desa ata kelurahan sadar hukum. Program tersebut sebagai bentuk implementasi Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor: 73 Tahun 2008.

"Perlu peran aktif seluruh elemen masyarakat, khususnya IKAFAH Universitas Saburai untuk memaksimalak program Desa/Kelurahan Sadar Hukum tersebut," kata bupati.

Bupati juga menyampaikan selamat kepada kepengurusan IKAFAH Unsab yang dipimpin Tedi Zadmiko yang juga menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Pesibar.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama bidang program pengabdian masyarakat,  antara  Universitas Saburai dengan Pemkab Pesibar.

Ketua IKAFAH Unsab Tedi Zadmiko mengatakan siap meningkatkan dan mengembangkan peran aktif organisasi dalam mendukung pelaksanaan program pembangunan. 

Menurut dia, ada tiga misi utama untuk memaksimalkan program kerja  IKAFAH Unsab:  membangun organisasi yang solid, profesional dan mandiri. Kedua, menjaga dan meningkatkan kerjasama IKAFAH dengan civitas akademik Fakultas Hukum Universitas Saburai. Ketiga, meningkatkan citra IKAFAH  dengan mengoptimalkan sosial media.

"Tahap awal ini, kami (IKAFAH Unsab) berupaya memastikan adanya kantor sekretariat. Kemudian menggelar acara rutin pertemuan para alumni dan membangun database center IKAFAH. Intinya. IKAFAH Unsab akan senantiasa bersinergi dengan pemerintah daerah mendukung pelaksanaan program pembangunan," tegasnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut: Rektor Universitas Saburai Henni Kusumastuti, Sekretaris Daerah Kabupaten Pesibar N.Lingga Kusuma, Kabag Hukum, Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Saburai Subki Elyas Harun. Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Saburai Dr. Indra Bangsawan dan sejumlah kepala organisasi perangakat daerah Kabupaten Pesibar. (**)

Laporan: Agung Sutrisno

Editor: Munizar


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


749 Pegawai di Tanggamus Terima SK PPPK ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irs ...


FGD DLH Pesibar, Instrumen Lingkungan Harus M ...

MOMENTUM, Krui -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir ...


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com