Puluhan Calon PPS KPU Bandarlampung Terindikasi Bermasalah, Ini Datanya

Tanggal 10 Mar 2020 - Laporan - 1145 Views
Data temuan terkait calon PPK terindikasi masalah. Foto: Dok Bawaslu

MOMENTUM, Bandarlampung--Calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung yang lolos tes tertulis terindikasi bermasalah.

Berdasarkan temuan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bandarlampung, ada 29 peserta seleksi PPS yang terindikasi menyalahi aturan, alias tidak bisa menjadi penyelenggara Pemilu pada Pemilihan Walikota (Pilwakot) 2020 mendatang.

Ketua Bawaslu Bandarlampung Candrawansyah menyebut, ada tiga peserta yang diduga terlibat di kepengurusan partai politik (parpol), dan satu orang diduga pernah menjadi saksi parpol.

“Yang indikasi keterlibatan parpol ini kuat. Sebab satu orang pernah nyaleg (jadi calon legislatif) di Bandarlampung pada Pemilu 2019,” bebernya.

Selain itu, ada dua peserta yang diduga pasangan suami isti. Keduanya dikategorikan dalam praktek KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme). “Suami-istri tidak bisa menjadi penyelenggara, harus salah satunya,” ujarnya.

Selanjutnya ada 23 peserta seleksi yang diduga sudah dua periode menjabat sebagai PPS.

“Dalam hal ini KPU harus jeli. Apakah data yang kami kirim itu memang dua periode, atau masih bisa diakomodir. Karena KPU yang punya SK bahwa mereka dua periode,” kata Candra.

Temuan yang dihimpun Bawaslu Bandarlampung dari Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) tersebut telah disampaikan ke KPU kota setempat.

“Ini kan laporan dari Panwascam, makanya kita kirim surat resmi ke KPU untuk memastikan. Kami ingin juga minta pendapat KPU,” jelasnya.

Candra berharap, KPU bisa menetapkan PPS terpilih yang bebas dari parpol ataupun keterkaitan dengan parpol. “Sudah itu tidak dua periode dan tidak ada keterkaitan suami-istri,” harapnya.

Komisioner KPU Bandarlampung Divisi SDM dan Permas, Hamami mengatakan, pihaknya telah menerima surat yang berisi temuan dari Bawaslu kota tersebut. “Surat dari Bawaslu tadi siang kami terima,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Dia belum dapat berkomentar banyak, sebab mereka masih mau menyelidiki apakah temuan tersebut benar adanya. “Sedang kami cek,” singkatnya melalui pesan whatsapp.

Dikabarkan, saat ini ratusan peserta seleksi PPS KPU Bandarlampung sudah melalui tahap seleksi tertulis (enam besar per kelurahan). Mereka tinggal melaksanakan tes wawancara untuk kemudian ditetapkan tiga orang sebagai PPS di masing-masing kelurahan.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Setelah PAN dan Nasdem, Mirza akan Daftar ke ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerind ...


Bakal Calon Bupati Fauzi akan Berkomunikasi d ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Bakal calon Bupati Pringsewu Fauzi dalam w ...


Siap Tarung Pilgub, Arinal Ajak Demokrat Bang ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua DPD Golkar Lampung, Arinal Djunaid ...


Tuntaskan Janji Kerja, Arinal Kembali Ikut Ko ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Arinal Djunaidi bakal kembali mengikuti ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com