PSB Tidak Transparan, Kadisdik Tegur Kepala SMPN 1 Kotabumi

Tanggal 28 Jul 2017 - Laporan - 986 Views
Kadisdik Lampura Suwandi. Foto: Yansen

Harianmomentum—Mensikapi penerimaan siswa baru (PSB) di SMPN 1 Kotabumi yang dinilai tidak transparan dan tidak sesuai aturan, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Lampung Utara Suwandi mengaku telah mengambil tindakan.

"Kepala sekolahnya (Isroh) sudah saya panggil dan peringatkan. Semuanya sudah clear dan sudah sesuai aturan dinas pendidikan," ujar Suwandi, usai membuka rapat kerja MKKS di SMPN 12 Kotabumi, Jumat (28/7).

Dari penjelasan Isroh, lanjut Suwani, terungkap alasan SMPN 1 tidak membuka kuota PSB jalur bina lingkungan (biling). Yakni, jumlah siswa yang mendaftar melalui jalur tersebut sangat membludak. Jadi pihak SMPN 1 mengarahkan agar masyarakat menempuh jalur reguler dengan cara diuji kemampuan akademiknya.

"Masyarakat sekitar banyak yang belum diterima. Oleh karenanya calon siswa baru diarahkan melalui jalur reguler dengan mengatakan kuota biling sudah habis. Semua itu dimaksudkan agar mendahulukan masyarakat yang tempat tinggalnya berdekatan dengan sekolah untuk diprioritaskan masuk biling. Dan akhirnya juga tetap kuota jalur biling sebesar 15 persen," terang dia.

Tetapi, lanjut Suwandi, sang kepsek telah diperingatkan agar tidak mengulanginya. Meskipun itu semua dilakukannya hanya strategi semata. Tetapi akibat strategi itu malah membuat gaduh dan merugikan sekolah itu sendiri.

“Saya akui tidak semua sistem PSB berjalan baik, tapi secara keseluruhan 90 persen sekolah yang ada telah menjalankannya dengan sesuai prosedur. Dan semua ini jadi bahan evaluasi kita untuk memperbaiki sistem PSB kedepan menjadi lebih baik lagi," tutup Suwandi. (ysn)

 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sekolah Diminta Larang Siswinya Bersolek ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupate ...


Gelar Workshop Fundamental R, UIN RIL Perkuat ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Program Studi (Prodi) Pendidikan Matema ...


Gelar Bimtek MC, UIN RIL Cetak Pemandu Acara ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com