Firmansyah Ajak Jemaah Masjid Fastabiqul Membumikan Al-Quran

Tanggal 14 Mar 2020 - Laporan - 752 Views
Rektor Darmajaya Firmansyah Alfian saat mengisi tausiah di Masjid Fastabiqul Khairat//ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Rektor IIB Darmajaya, Firmansyah Alfian mengajak seluruh jemaah Masjid Fastabiqul Khairat untuk membumikan Al-Quran di Kota Bandarlampung.

Seruan itu disampaikannya saat menjadi pemateri kajian islam rutin atau tausiah di Masjid Fastabiqul Khairat, area Yayasan Trisna Asih Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Miftahul Khoir, Jalan Pulaupandan nomor 28, Waydadi, Sukarame, Bandarlampung, Jumat malam (13-3-2020).

Bakal Calon Wali Kota Bandar Lampung periode 2021-2024 itu mengisi materi bertajuk Bayan Makrifat (Assyiasah Al-Islamiyah). 

Firmansyah menjelaskan, membumikan Al-Quran maksudnya adalah menggemakan ayat-ayat suci di seluruh penjuru kota setempat. Selain itu, bagaimana agar ayat-ayat Al-Quran bisa masuk ke dalam hati anak-anak.

"Yang kita inginkan agar anak-anak khususnya di Kota Bandarlampung ini menjadi generasi penerus yang berakhlak. Bagaimana caranya? yaitu dengan mengenalkan dan mendekatkan mereka kepada Al-Quran," kata Firmansyah.

Menurut dia, untuk mewujudkan hal itu tidaklah mudah. Langkah awalnya adalah program pemerintah yang dapat memotivasi anak-anak dan para orang tua agar dekat dengan Al-Quran. 

Seperti contoh; dengan memberikan kebebasan dan kemudahan memilih Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri favorit kepala anak-anak lulusan Sekolah Dasar (SD) yang hafal Alquran Juz 30 (Juz Amma).

Tidak hanya itu, untuk terus memotivasi agar hafalan ayat-ayat Al-Quran mereka terus bertambah, pemerintah juga akan memberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. 

"Jadi yang sudah menjadi hafidz Al-Quran (hafal 30 Juz) akan mendapatkan pilihan ingin menjadi sarjana atau ulama. Kalau ingin menjadi ulama akan kita sekolahkan lagi, jadi nanti tidak hanya menjadi seorang Hafidz, tapi menjadi Hafidz Alim," lanjutnya.

Jika Kota Bengkulu di bawah kepemimpinan Walikota Helmi Hasan sekarang dikenal sebagai Kota Hadist, maka Firmansyah bercita-cita ingin menjadikan Kota Bandarlampung menjadi Kota Hafidz. 

"Yang masyarakatnya hafal Al-Quran, pejabatnya hafal Al-Quran termasuk wali kota-nya juga nanti mesti hafal Al-Quran," harapnya.(ril)

Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Darmajaya Muli T ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Institut ...


Gelar UTBK SNBT Hari Pertama, Unila Pastikan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) sel ...


Mahasiswa Prodi IPII Raih Juara Lomba Gerakan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Pe ...


Gelar Konferensi Internasional, Fakultas Syar ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Fakultas Syariah Universitas Islam Nege ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com