Segera Bentuk Desa Tanggap Covid-19

Tanggal 29 Mar 2020 - Laporan - 854 Views
Nopiyadi. Foto. Sulemy.

MOMENTUM, Liwa--Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) diminta segera membentuk pekon (desa) tanggap corona virus dessease (Covid-19). Desakan Anggota DPRD Lambar dari Partai Kesejahteraan Sosial (PKS) Nopiyadi itu bertujuan memaksimalkan upaya pencegahan penyebaran wabah virus mematikan Corona.

Menurut dia, hal itu sesuai dengan Surat Edaran Kementrian Desa Pembangunan Daerah dan Transmigrasi RI Nomor 8 Tahun 2020 yang mengintruksikan agar setiap desa membentuk desa tanggap Covid-19,

“Upaya pencegahan penyebaran wabah corona ini harus melibatkan semua komponen masyarakat terutama masyarakat di tingkat pekon atau kelurahan. Saya berharap Pemerintah Lampung Barat segera menyikapi persoalan ini,” kata Nopiyadi yang juga Sekretaris PKS Lambar, Minggu 29 Maret 2020.

Nopiyadi meminta Pemkab Lambar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) segera memfasilitasi pembentukan desa tanggap Covid-19. Sehingga masyarakat terlibat dalam upaya pencegahan wabah ini.

Pembentukan desa tanggap Covid-19, menurut Ketua Fraksi PKS Bersatu itu, mendesak dilakukan mengingat wabah Covid-19 perlu diwaspadai janga sampai masuk Lampung Barat.

“Jika diperhatikan dalam Surat Edaran Kementerian Desa tersebut, desa yang harus membentuk relawan desa untuk Covid-19," katanya menambahkan.

Kedua, melakukan pencegahan setelah mengenali gejalanya, yang ketiga menangani ketika ditemukan kasus di desa, serta yang keempat mengantisipasi secara terus menerus dengan berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

"Jika ikhtiar sudah maksimal,  semua potensi masyarakat sudah begerak dan bergotong-royong, insya Allah musibah Corona ini akan jauh Lampung Barat," harapnya. (*).

Laporan: Sulemy.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


Rumah Sakit Sri Pamela Membang Muda Resmikan ...

MOMENTUM, Medan -- Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang be ...


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com