Warga Sekincau yang Wafat Bukan Akibat Covid-19

Tanggal 31 Mar 2020 - Laporan - 593 Views
Jumpa Pers Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lambar. Foto. Lemy.

MOMENTUM, Liwa--Warga Sekincau, Lampung Barat (Lambar) yang wafat pada Senin (30-3-2020) dan sempat melakukan perjalanan ke Sulawesi bukan akibat terpapar virus Corona atau Covid-19.

Pernyataan yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Lambar, Paijo itu membantah informasi yang beredar sebelumnya bahwa warga Sekincau itu terjangkit virus asal Cina.

Namun, dalam jumpa pers Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lambar, Selasa (31-4-2020), Paijo menjelaskan munculnya perbedaan status almarhum karena ada perubahan definisi ODP Covid-19.

Menurut Paijo, sebelumnya, setiap warga dinyatakan OPD Covid-19 bila yang bersangkutan usai melakukan perjalanan ke luar kota atau wilayah terjangkit Covid-19.

Namun, saat ini untuk menentukan status ODP seseorang harus memiliki kreteria Covid-19. Antara lain, mengalami gejala gangguan sistem pernapasan, batuk pilek, panas lebih dari 38 drajat, serta baru melakukan perjalanan ke daerah yang terjangkit dan menunjukan gejala covid-19.

"Jika mengacu dengan definisi ODP sebelumnya, betul almarhum masuk ODP. Tapi jika mengacu pada definisi ODP terbaru yang bersangkutan tidak lagi masuk daftar ODP," katanya.

Selanjutnya, Paijo menjelaskan kondisi almarhum semasa hidup. Berdasarkan keterangan bidan tempat almarhum berobat, yang bersangkutan didiagnosis demam, batuk pilek dan agak sesak nafas. 

"Bidan tersebut bahkan menyatakan yang bersangkutan menderita keluhan itu sejak 1985," katanya.(*)

Laporan: Sulemy.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


Rumah Sakit Sri Pamela Membang Muda Resmikan ...

MOMENTUM, Medan -- Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang be ...


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com