Dianggap Pilih Kasih, Eva Dwiana Didemo Kader PDIP Bandarlampung

Tanggal 19 Apr 2020 - Laporan - 2276 Views
Perwakilan Pengurus PAC dan Ranting PDI Perjuangan Bandarlampung menggelar aksi menuntut keadilan, Minggu (19-4). Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Belasan pengurus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menggelar unjukrasa di kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kota Bandarlampung, Minggu (19-4-2020).

Aksi protes itu ditujukan kepada Eva Dwiana, istri Walikota Bandarlampung Herman HN.

Mereka menganggap bakal calon walikota itu tidak adil dan pilih kasih dalam memberikan bantuan beras, selama dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Wakil Ketua I PAC PDIP Tanjungkarang Timur (TkT) Sukasyadi mengatakan, aksi protes itu mereka lakukan karena Eva Dwiana dianggap pilih kasih.

"Selama dua periode Herman HN jadi walikota baru kali ini ngasi bantuan melalui istrinya Eva Dwiana kepada PDIP. Itu juga pilih kasih," jelasnya kepada harianmomentum.com, Minggu (19-4-2020).

Dia mengatakan pembagian beras dari Eva Dwiana tidak merata. Banyak pengurus ranting yang tidak mendapatkannya.

“Pembagiannya tebang pilih. Kenapa sih tidak semua struktur di Bandarlampung ini dibagi semua. Kenapa harus dipilih-pilih. Karena itu lah kami menggelar aksi ini untuk meminta keadilan,” ungkapnya.

Terlebih, di tengah wabah covid-19 seperti saat ini bantuan tersebut sangat dibutuhkan oleh mereka.

“Contoh di PAC itu ada enam ranting. Paling yang dibagi hanya dua ranting saja. Bahkan ada yang hanya satu ranting saja. Itu pun hanya KSB (ketua, sekretaris, bendahara),” bebernya.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua PAC Telukbetung Selatan (TbS), Aisyah. Wanita berhijab itu menuturkan, aksi protes tersebut digelar lantaran kekecewaan para pengurus ranting terhadap Eva Dwiana.

“Kami ini merasa kecewa atas pembagian beras dari Bunda Eva. Sebab tidak merata. Yang dibagi hanya ketua, sekretaris dan bendahara. Padahal pengurus PAC itu kan ada 11 orang dan pengurus ranting ada tujuh orang,” keluhnya.

Menurut dia, hal itu menimbulkan kecemburuan bagi pengurus yang lainnya. Sebab ada yang dapat, namun banyak juga yang tidak mendapat bantuan beras tersebut.

“Yang lain kan jadi penonton, begitu juga ranting. Maka seharunya Bunda Eva itu adil. Itulah mau kami, itu yang kami tuntut,” ungkapnya.

Sebelumnya dia menuturkan, pada Jumat (17-4), tim pememanganan Eva Dwiana membagikan beras 10 kilogram kepada para ketua, sekretaris dan bendahara (KSB) PAC.

Selain kepada KSB PAC, ada beberapa ranting (pengurus tingkat kelurahan) yang juga menerima. Tapi pembagian beras tersebut tidak merata ke semua pengurus PAC maupun ranting.

“Dengan aksi yang telah kami lakukan ini, kami berharap Pak Herman maupun Eva Dwiana bisa lebih adil. Jangan pilih kasih agar tidak belunder kami yang di bawah ini. Sebab untuk di TbS saja selama ini saya yang bekerja mati-matian untuk beliau itu. Tapi giliran ada pembagian seperti ini saya sendiri tidak kebagian,” tuturnya.

Sementara Eva Dwiana belum berhasil dikonfirmasi terkait hal itu. Beberapa kali dihubungi melalui sambungan telepon tidak merespon. Pesan singkat melalui aplikasi Whatsapp (WA) juga tidak dijawab.

Terpisah, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPC PDIP Bandarlampung Dedi Yuginta membenarkan terkait adanya aksi menuntut keadilan di Kantor DPC setempat.

“Kita ini di DPC hanya menerima dan menampung aspirasi mereka (PAC dan Ranting),” ujar Dedi melalui sambungan telepon.

Dedi mengatakan, para pengurus PAC dan Ranting mempertanyakan kenapa ada yang mendapat pembagian beras, namun banyak juga yang tidak kebagian.

“Mereka mengadu ke DPC kita terima, kita tampung dan aspirasinya akan kita sampaikan ke pimpinan (Ketua DPC, Wiyadi). Langkah selanjutnya dari DPC kita belum ketahui, mungkin nanti setelah kita laporkan ke ketua,” jelas Ketua Fraksi PDIP DPRD Bandarlampung itu. (**)

Laporan: Agung Chandra Widi

Editor: Andi Panjaitan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Besok, Arinal Daftar Penjaringan Cagub di PAN ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Petahana Gubernur Lampung Arinal Djunaid ...


Maung dan Raung, KPU Lampung Kenalkan Maskot ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lam ...


KPU Lampung Resmi Luncurkan Pilkada 2024, Mas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lam ...


Peluang Hanan-Umar di Pilgub 2024, Umar Ahmad ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Umar Ahmad, politisi yang juga ketua Bap ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com