KPU Tanggamus Rampungkan PDPB Paling Awal

Tanggal 21 Apr 2020 - Laporan - 1160 Views
Penyerahan PDPB usai pleno di KPU Tanggamus//ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) dideadline pada 24 April 2020. Namun hingga kini baru Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamus yang merampungkan PDPB.

Sementara enam KPU kabupaten lainnya (yang tidak melangsungkan Pilkada 2020): Pringsewu, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Mesuji, Lampung Barat, Lampung Utara masih dalam proses.

Komisioner KPU Tanggamus Divisi Program dan Data Amhani S Imanda menuturkan, sejak awal surat edaran (SE) KPU RI terkait di PDPB dikeluarkan pihaknya langsung bergerak.

“Saya baca pasal perpasal di SE tersebut kita (KPU) boleh melakukan terobosan,” ujarnya kepada harianmomentum.com, Selasa (21-4-2020).

Pada awalnya, KPU setempat berupaya meminta data dari pemerintah kabupaten setempat, tepatnya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Namun langkah itu sempat tersendat.

“Akhirnya kami jemput bola, turun ke pekon-pekon (desa) hingga akhirnya masuklah data itu,” ungkapnya.

Untuk mencari data PDPB di setiap pekon bukanlah hal mudah. Amhani pun memutar otak, mencari solusi bagaimana data tersebut bisa terkumpul dari seluruh pekon yang ada di kabupaten setempat.

“Akhirnya saya minta bantuan dengan para mantan PPK dan PPS di masing-masing pekon. Alhamdulillah mereka respon dan membantu dalam pengumpulan data,” jelasnya.

Kebetulan, sambung dia, saat ini mayoritas pekon di Tanggamus akan melangsungkan Pemilihan Kepala Pekon (Pilkakon). “Berdasarkan data yang dimutahirkan mereka (tingkat pekon) kami akomodir lalu kami plenokan di KPU pada 16 April 2020,” tuturnya.

Dia meyakini, data yang didapat tersebut akurat dan sesuai dengan reglasi yang ada.“Insyallah datanya akurat. Contoh ada yang meninggal sekian, kita cocokkan dengan NIK memang benar,” terangnya.

Terpisah, Ketua KPU Pringsewu Sofyan Akbar Budiman mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan proses PDPB. “Hari ini kami mau koordinaai dengan disdukcapil. Rabu atau Kamis kami baru melaksanakan pleno PDPB,” jelasnya.

Dari hasil PDPB yang KPU Tanggamus lakukan, terdata total ada 454.398 pemilih. "Terdiri dari laki-laki 233.470 dan perempuan 220.928,” sebutnya.

Baca juga: Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan Dideadline 24 April

Sebelumnya, Ketua KPU Lampung Erwan Bustami menyebut, dari tujuh KPU kabupaten di Lampung yang wajib PDPB baru Tanggamus yang merampungkannya.

“Yang lain sudah ada progresnya dan akan segera melangsungkan rapat pleno PDPB dalam waktu dekat. Sebab PDPB ini paling lama dirampungkan tanggal 24 April,” jelas Erwan.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Soal SGC, Begini Kata Umar Ahmad ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Umar Ahma ...


Pilkada Lamteng, Ardito Wijaya-Abdullah Suraj ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Bakal Calon Bupati Lampung Tengah dr. H. A ...


Arinal Djunaidi Hadiri Rakornas PAN 2024 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah bakal calon kepala daerah (calo ...


Ikut Uji Kelayakan Bacawagub di PDI Perjuanga ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua DPD Partai Demokrat Lampung, Edy I ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com