Kartini di Tengah Covid-19

Tanggal 21 Apr 2020 - Laporan - 930 Views
Sekjen DPP KPPI Nurhasanah//ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Pada umumnya, peringatan Hari Kartini diwarnai dengan aksi atau gerakan wanita secara beramai-ramai. Tapi tidak untuk kali ini.

Di tengah-tengah Covid-19, para kartini (maksudnya wanita, red) lebih mengedepankan kegiatan bakti sosial (baksos). Walau kegiatannya sosial, tapi jarak sosial (social distancing) tetap dibatasi.

Seperti kegiatan baksos yang dilakukan oleh Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) dalam menyemarakkan atau menyambut hari Kartini yang jatuh pada Selasa, 21 April 2020.

Sekretaris Jendral (Sekjen) DPP KPPI Nurhasanah mengatakan, perempuan itu harus mampu dalam kondisi apapun.

“Kalau pun dalam situasi saat ini, kartini di seluruh indonesia tetap melakukan kegiatan. Kami pun tetap memaknai bahwa Kartini saat ini sudah bayak berpartisipasi dalam pembangunan,”  kata Nurhasanah kepada harianmomentum.com, Selasa (21-4-2020).

Legislator Lampung itu pun patut berbangga, sebab saat ini peran serta wanita dalam pembangunan lebih meningkat, dari tahun ke tahun.

“Kalau kita ukur, saat ini partisipasi perempuan di dunia publik itu sudah besar,” ujarnya.

Baca juga: Hari Kartini, KPPI Lampung Gelar Baksos Tanggulangi Covid-19

Contoh, sebut politisi asal PDIP itu, saat ini Anggota DPRD di Lampung tingkat partisipasi perempuannya lebih banyak dari tahun sebelumnya.

“Jadi saat ini kesadaran perempuan untuk turut berperan aktif dalam pembangunan lebih meningkat dari tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Maka menurut dia, Covid-19 tak boleh menghentikan langkah kaki para kartini kekinian dalam melaksanakan kegiatan. Khususnya kegiatan sosial dalam membantu warga terdampak Covid-19.

“Hari ini kita tidak berdiman diri. DPP KPPI semuanya turun di Jakarta dalam rangka membantu yang terdampak Covid-19. Kita memberikan bantuan sosial di warteg seluruh Jabotabek,” tuturnya.

Sebelumnya, Nurhasanah bersama pengurus KPPI Lampung juga telah menggelar kegiatan baksos serupa. Namun di wilayah Kota Bandarlampung pada Minggu (20-4).(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


KPU Lampura Tetapkan 45 Caleg Terpilih Pemilu ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampu ...


Mantan Bupati Lampung Timur Daftar Cawagub di ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Wakil Sekretaris Jenderal DPP PAN, Irfan ...


Herman HN Lamar Jadi Bakal Cagub Lewat Demokr ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua DPW Nasdem Lampung, Herman HN mela ...


Gelar Nobar Piala Asia U23, Rahmat Mirzani Di ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kegiatan nonton bareng (nobar) pertandin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com