Tiga Warga Waykanan Positif Covid-19 Dibawa ke RSU Kotabaru

Tanggal 06 Mei 2020 - Laporan - 1584 Views
Warga Waykanan diangkut ke RSU Bandar Negara Husada Kotabaru. Foto. Vita.

MOMENTUM, Waykanan--Warga Kabupaten Waykanan yang dinyatakan positif terpapar Covid-19 bertambah menjadi tiga orang. 

Ketiga warga tersebut kini dirawat ke Rumah Sakit Umum (RSU) Bandar Negara Husada di Kotabaru, Lampung Selatan. Pasien pertawan dibawa ke RSU Kotabaru pada 26 April 2020, dua hari kemudian pasien kedua. Terakhir, pada Rabu 6 Mei 2020 pagi, 

Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Waykanan Anang Risgianto, pasien ketiga Covid-19 tersebut, bersama pasien pertama dan kedua, merupakan rombongan yang pernah melakukan perjalanan ke Gowa Sulawesi Selatan.

Selanjutnya, Anang Risgianto menjelaskan kronologis ketiga pasien positif Covid-19 tersebut. AS, 36 tahun, warga Kecamatan Baradatu, Waykanan pada Sabtu 21 Maret 2020, tiba dari Gowa setelah mengikuti acara jamaah tabligh. 

Pada Rabu 25 Maret 2020, AS datang ke puskesmas karena mengeluh batuk dan pilek. Kemudian dirujuk ke RSUD Zainal Abidin Pagar Alam (ZAPA), Waykanan. Setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan, AS diperbolehkan pulang dan dianjurkan isolasi mandiri di rumah.

Kemudian, pada 7 April 2020, AS kontrol ke RSU ZAPA dan dinyatakan sehat (tidak ada keluhan lagi). 

Sepekan kemudian, Selasa 14 April 2020, Tim dari Dinas Kesehatan Waykanan melakukan rapit test terhadap AS dengan hasil nonreaktif. AS kembali diminta melakukan isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari.

Pada 20 April 2020, Tim Dinkes Waykanan kembali melakuan rapid test terhadap AS di Puskesmas Baradatu. Hasil nonreaktif.

Pada Senin sore 27 April 2020, dilakukan kembali rapid bersama dengan orang-orang yang kontak erat dengan PS terkonfirmasi positif covid 19, dengan hasil reaktif.

Sehari kemudian, 28 April, dilakukan pengambilan PCR Swab/sputum pertama di RSU Waykanan.  Sampelnya dikirim ke Dinas Kesehatan Propinsi Lampung kemudian dikirim ke BBLK Palembang untuk dilakukan pemeriksaan.

Sambil menunggu hasil pemeriksaan PCR Swab/sputum, AS dianjurkan tetap isolasi mandiri di rumah dengan menerapkan PHBS dan physical distancing.

Pada Rabu 6 Mei 2020, informasi dari Dinas Kesehatan Propinsi Lampung menyatakan hasil pemeriksaan sampel Swab/Sputum milik AS hasilnya positif Covid-19. (*).

Laporan: Novita.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com