KPU Bandarlampung Rancang Konsep Sosialisasi Pilkada

Tanggal 13 Mei 2020 - Laporan - 754 Views
Ketua KPU Bandarlampung Dedi Triadi. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung sedang merancang konsep sosialisasi yang aman digunakan saat pandemik corona virus disease (covid-19) terjadi.

Menurut Ketua KPU Bandarlampung Dedi Triadi, persiapan sejak dini itu dilakukan pasca terbitnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Republik Indonesia (RI) nomor 2 tahun 2020 yang menyebutkan bahwa Pilkada ditunda hingga Desember 2020.

Sebab jika Pilkada digelar pada Desember maka tahapan akan segera diaktifkan dalam waktu dekat. Paling tidak di Juni 2020.

“Maka saat ini kita sedang merumuskan sosialisasi yang paling efektif untuk digunakan,” ujar Dedi kepada harianmomentum.com, Rabu (13-5-2020).

Dedi mengatakan, dalam kondisi saat ini sosialisasi yang paling efektif adalah via online atau daring (dalam jaringan).

Namun, kata Dedi, walaupun di kota setempat jaringan internet sudah baik tapi pihaknya tetap harus memikirkan agar tujuan setiap sosialisasi dapat terwujud.

“Seosialisasi ini penting untuk dilakukan, guna meningkatkan partisipasi pemilih. Tapi kami pun tetap harus menyusun sosialisasi yang bertujuan agar masyarakat bisa menjadi pemilih cerdas,” jelasnya.

Kendati begitu, sampai saat ini KPU setempat masih menunggu perkembangan lanjutan terkait finalisasi tahapan Pilkada. Walau pun, kata Dedi, di internal KPU sudah ada skenario atau drap tahapan untuk Pilkada 9 Desember 2020.

“Dalam perpu itu kan dijelaskan bahwa Pilkada baru akan terselenggara sampai penanganan covid-19 selesai. Maka jika sampai 29 Mei pandemik ini msih berlanjut kemungkinan dilakukan pembahasan ulang (penjadwalan ulang, red),” jelasnya.

Selain soal sosialisasi, KPU setempat pun masih mempersiapkan pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kalau untuk persiapan DP4 (Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) kan sudah tinggal singkronisasi dan kita menyesuaikan yang mana masuk DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang mana yang belum. Itu juga yang bisa kami kerjakan sambil menunggu tahapan dimulai kembali,” tuturnya.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Advokat, Politisi dan Tokoh Muda Ambil Formul ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Sejumlah tokoh dan politisi pada hari yang ...


Modal Tujuh Kursi DPRD, PKS Bandarlampung Buk ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Ban ...


Janji Lanjutkan Kotabaru, Yusuf Kohar Daftar ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kotabaru, Lampung Selatan, semula akan d ...


KPU Pringsewu Pleno Penetapan Perolehan Kursi ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Pri ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com