Besok Malam, Gerhana Bulan Sebagian Terlihat di Langit Indonesia

Tanggal 06 Agu 2017 - Laporan - 1714 Views
Foto/NET

Harianmomentum--Fenomena alam langka akan terjadi di langit Indonesia pada esok hari (Senin, 7/8), yakni gerhana bulan parsial atau sebagian.


Dilansir dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gerhana bulan sebagian akan dimulai pukul 22.50 WIB dan puncaknya pada 03.50 WIB di keesokan harinya (Selasa, 8/8). 


Durasi gerhana bulan sebagian mencapai satu jam 55 menit dengan persentase maksimum 24 persen piringan bulan tergerhanai. Selain Asia termasuk seluruh Indonesia, gerhana bulan sebagian bisa terlihat di mayoritas Afrika, mayoritas Eropa, dan seluruh Australia.


"Proses gerhana bulan akan bisa diamati dari awal hingga bulan terbenam saat fase gerhana penumbra sedang berlangsung," demikian info BMKG. 

Infoastronomy menyebutkan, secara kasat mata gerhana bulan sebagian bisa dilihat langsung dengan mata telanjang tanpa perlu alat bantu seperti binokuler atau teleskop. Syaratnya, langit yang cerah saat terjadi gerhana matahari.


Saat peristiwa gerhana bulan sebagian, pengamat bisa melihat sebagian bulan menghilang dan sebagian lainnya agak redup. (wid/RMOL)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Jokowi: Pers Nasional Sumber Informasi Terper ...

MOMENTUM, Kendari--Pers nasional merupakan sumber informasi terpe ...


Mendagri Ajak Kepala Daerah Komitmen Eliminas ...

Harianmomentum.com--Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ...


Pangkalan TNI AL di Telukratai Dibangun 2018 ...

Harianmomentum.com - Mabes TNI Angkatan Laut akan membangun Pangk ...


"Reaksi Cepat" Pemerintah RI untuk Korban Kek ...

Harianmomentum--Pemerintah Indonesia mengaku bergerak cepat ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com