Ratusan PPS di Waykanan Dilantik

Tanggal 15 Jun 2020 - Laporan - 714 Views
Suasana pelantikan ratusan PPS di Kabupaten Waykanan./ist

MOMENTUM, Waykanan--Sejumlah 681 Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Waykanan dilantik, Senin (15-6-2020).

Pelantikan serentak dilakukan pada tempat berbeda sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) sesuai keputusan KPU nomor 179/PL.02-KPT/01/KPU/III/2020.

Ketua KPU Waykanan Refki Dharmawan mengatakan pelantikan PPS sempat tertunda, bahkan tahapan pilkada serentak terhenti dan melihat perkembangan situasi pandemi Covid-19.

"Pemerintah sudah mengambil keputusan untuk menerapkan new normal. Usai rapat antara KPU, Bawaslu, Mendagri dan DKPP. Maka KPU menerbitkan PKPU nomor 5 Tahun 2020 tentang tahapan, program dan jadwal pelaksanaan pilkada serentak 2020 kembali dilanjutkan," ujar Refki.

Pelantikan PPS Kecamatan Blambangan Umpu dan Negeriagung dilaksanakan di Aula KPU Kabupaten Waykanan. Dalam amanahnya, Refki mengharapkan PPS dapat memposisikan diri sebagai pelaksana teknis bukan pengambil keputusan dalam penyelenggaraan pilkada baik itu sosialisasi, pendataan mata pilih, dan persiapan rekrutmen PPDP, Coklit, rekapitulasi. Maka, PPS harus bersinergi dengan PPK dan berjenjang ke KPU Kabupaten Waykanan.

Pelantikan PPS, dalam pelaksanaannya tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk penggunaan masker, jarak atau physical distancing dan mencuci tangan dengan sabun.

Petugas kesehatan dari Dinkes Waykanan pun dilibatkan dan dihadiri pihak Bawaslu, Kapolsek Blambanganumpu, Danramil, staf Sekretariat KPU serta media.

Prosesi pelantikan disebar dalam lima lokasi berbeda dengan membagi secara bergelombang untuk mencegah penyebaran Covid-19, yaitu untuk Kecamatan Blambanganumpu dan Negeriagung dilaksanakan di Aula KPU Waykanan dibagi dalam tiga gelombang.

Untuk Dapil II Kecamatan Waytuba, Bahuga, Bumiagung dan Buaybahuga dilaksanakan di aula STIT Al Hikmah Bumiagung dipimpin komisioner KPU Waykanan Doan Endedi juga dibagi tiga gelombang.

Untuk Dapil III Kecamatan Pakuanratu, Negarabatin dan Negeribesar dilaksanakan di Aula Kecamatan Negeribesar dipimpin Anggota KPU Noprisyah Harianto terbagi tiga gelombang.

Dapil IV Kecamatan Baradatu dan Gununglabuhan di Aula Kecamatan Baradatu dipimpin Anggota KPU Tri Sudarto dibagi dalam tiga gelombang dan terakhir Dapil V Kecamatan Banjit, Kasui dan Rebangtangkas di Aula Kecamatan Banjit dipimpin Anggota KPU I Gede Klipz Darmaja terbagi dalam tiga gelombang. (**)

Laporan: Novita

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Mantan Kadis Kesehatan Reihana, Ramaikan Pilw ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Mantan Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) ...


Musa Ahmad Tanggapi Sinyal untuk Menggaet Kad ...

MOMENTUM, Gunungsugih -- Musa Ahmad menanggapi sinyal untuk mengg ...


Pilkada Tulangbawang, Winarti Tunggu Arahan P ...

MOMENTUM, Menggala--Mantan Bupati Tulangbawang, Winarti kembali m ...


Soal Caleg Terpilih Maju Pilkada, DPRD Lampun ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Komisi I DPRD Provinsi Lampung, Bu ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com