Koalisi Nasdem-PKS Meleset

Tanggal 16 Jun 2020 - Laporan - 1383 Views
Ilustrasi, Nasdem-PKS. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Harapan terbangunnya koalisi Partai Nasdem-PKS (Partai Keadilan Sejahtera) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Metro pupus.

Rekomendasi Partai Nasdem yang semula diprediksi jatuh kepada Ahmad Mufti Salim, bakal calon Walikota Metro yang juga Ketua DPW PKS Lampung meleset.

Partai Nasdem malah merekomendasikan Anna Morinda-Fritz Akhmad Nuzir sebagai bakal pasangan calon kepala daerah (bapaslonkada) Kota Metro.

Terkait melesetnya rekomendasi itu, PKS belum mengambil sikap. “Kita sedang merapatkan hal ini untuk menetukan sikap. Mudah-mudahan nanti ada kejutan,” kata Wakil Ketua DPW PKS Lampung, Akhmadi Sumaryanto kepada harianmomentum.com, Selasa (16-6-2020).

Menurut dia, dalam perhelatan politik kemungkinan-kemungkinan memang bisa terjadi. “Begitulah realitas politik. Kita sikapi biasa saja karena belum didaftarkan ke KPU. Jadi masih bisa saja berubah,” jelasnya.

Akhamadi mengakui, melesetnya rekomendasi Nasdem untuk Pilkada Metro di luar prediksi awal.

“Sebenarnya terkejut benar juga tidak, karena kita sudah diajarkan. Kalau kata pepatah Jawa itu kan ojo kagetan (jangan kagetan),” ungkapnya.

Lantas, apakah mungkin rekomendasi PKS-Nasdem di Lampung Tengah akan bubar?

“Kita belum bisa memutuskan, saya belum bisa sampaikan karena semuanya masih dalam proses. Kita lihat nanti kalau sudah ke KPU,” katanya.

Namun, Akhmadi tak menapik kemungkinan akan adanya perubahan peta politik koalisi di Pilkada delapan/kabupaten se-Lampung. Termasuk di Lampung Tengah.

“Sekarang anggap saja dinamika. Tapi sampai sekarang rekomendasi kami masih ke Nessy. Tapi tidak tahu kalau nanti. Kan namanya politik itu berubah, bukan lagi menit, tapi detik,” sambung dia.

Baca juga: Pilwakot Metro, Nasdem Yakin Ana-Fritz Menang

Hingga berita ini diturunkan, Ahmad Mufti Salim dan Saleh Candra belum berhasil dikonfirmasi. Saat dihubungi dan dikirimkan pesan whatsapp, keduanya belum merespon. Meskipun dalam keadaan aktif.

Namun sebelumnya, Mufti Salim sempat menyatakan keinginan besarnya untuk mendapat dukungan dari Nasdem, maju Pilwakot Metro. Bahkan Mufti Salim siap berpasangan dengan Saleh Candra, Ketua Nasdem Metro.

Untuk memuluskan keinginan tersebut, PKS rela lebih dulu menjatuhkan rekomendasinya kepada kader Nasdem. Yakni kepada Nessy Kalvia Mustafa, untuk maju Pilkada di Lampung Tengah.

Dalam penyerahan rekomendasi tersebut, 8 April 2020, Mufti Salim sempat mengutarakan keyakinannya, akan menerima rekomendasi Nasdem di Pilwakot Metro.

“Kader Nasdem sudah mendapat rekomendasi PKS. Masa iya, Nasdem tidak memberikan rekomendasinya untuk PKS,” kata Mufti, kala itu.

Keyakinan itu diperkuat dengan adanya koalisi di tingkat provinsi yang sempat terbangun antara Nasdem-PKS pada Pemilihan Gubernur 2018 lalu.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pinang Tiga Parpol, Wahdi Komitmen Perjuangka ...

MOMENTUM, Metro--Setelah Partai Nasdem, Wahdi Siradjuddin kembali ...


Maju Pilkada, Mirza Punya Tiga Sponsor ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bakal calon gubernur Lampung Rahmat Mirz ...


Diiringi Pasukan Hitam dan Putih, Yanuar Iraw ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Politisi PDI Perjuangan Lampung Yanuar I ...


Rahmat Bagja Resmikan Kantor Bawaslu Bandarla ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Baw ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com