Pencegahan dan Penanganan Dampak Covid-19, Bumijaya Alokasikan DD Rp314 Juta

Tanggal 21 Jun 2020 - Laporan - 1157 Views
Penyerahan simbolis BLT DD untuk warga terdampak covid-19 di Pekon Bumijaya, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat

MOMENTUM, Sukau--Pekon (desa) Bumijaya, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) mengalokasikan anggaran Rp314 juta lebih dari dana desa tahun 2020 untuk program pencegahan dan penanganan dampak covid-19

Peratin (kepala desa) Bumijaya Rohmanjallil mengatakan, anggaran tersebut terbagi dalam beberap item kegiatan: Rp82 juta untuk pencegahan penularan covid-19 dan Rp232 juta untuk  bantuan langsung tunai (BLT) warga tidak mampu yang terdampak covid-19.

"Untuk program pencegahan penularan covid-19, antara lain kita lakukan dalam bentuk penyemprotan disinfektan serentak pada seluruh fasilitas pekon dan rumah warga. Kemudian  pembagian masker gratis pada masyarakat. Mendirikan pos pemantauan covid-19 dan pembuatan portal di beberapa pintu masuk pekon," kata Rohmanjallil pada Harianmomentum.com, Minggu (21-6-2020).

Sedangkan untuk penanggulangan dampak covid-19 dilakukan dengan menyalurkan bantuan langsung tunai kepada 86 keluarga penerima manfaat (KPM).

Untuk tiga bulan pertama: April hingga Juni, setiap KPM menerma BLT DD Rp600 ribu per bulan.

Selanjutnya nanti di bulan Juli hingga September, akan kembali disalurkan BLT DD. Setiap KPM akan menerima Rp300 ribu per bulan.

"BLT DD sudah tersalurkan untuk bulan April dan Mei kepada 86 KPM. Saat ini kita sedang menunggu pencairan dana desa untuk pembagian BLT DD tahap ketiga atau untuk bulan Juni," terangnya. 

KPM penerima BLT DD adalah keluarga tidak mampu yang belum menerima bantuan sosial lainya dari pemerintah. 

Dia berharap, bantuan tersebut dimanfaatkan dengan baik sesuai peruntukan meringankan beban kebutuhan pokok keluarga di tengah situasi pandemi covid-19.

"BLT DD ini untuk membantu meringankan warga memenuhi kebutuhan pangan selama masa pandemi covid. Jadi saya minta jangan digunakan untuk keperluan lain yang tidak penting," imbaunya. (**)

Laporang: Sulemy

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Marindo Serahkan Bantuan Warga Tertimpa Musib ...

MOMENTUM,Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu memberikan ban ...


Peduli Sesama, Pemuda Pancasila Lampura Berba ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pemuda Pemuda Pancasila Kabupaten Lampung U ...


Kolaborasi dengan RKR, PWI Waykanan Berbagi R ...

MOMENTUM, Baradatu--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten ...


LPM Pringsewu Berbagai Sembako kepada Keluarg ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Elemen masyarakat yang tergabung di Lembag ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com