Realita dan Keberlangsungan PAN Mendatang

Tanggal 21 Jul 2020 - Laporan - 804 Views
Akademisi Politik asal Unila, Toni Wijaya. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Realita dan keberlangsungan Partai Amanat Nasional (PAN) di Lampung pada masa mendatang ada di tangan ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW).

Menilik kebelakang, kepemimpinan Ketua DPW PAN Lampung kerap dirundung permasalahan. Jabatan beberapa Ketua DPW PAN Lampung sempat kandas di tengah jalan. Sebelum masa jabatannya habis.

Menurut Akademisi Politik asal Universitas Lampung (Unila) Toni Wijaya, selama ini perselisihan di internal PAN kerap terjadi saat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) akan berlangsung.

“Kita meihatnya kalau PAN di Lampung itu bukan tipe yang seperti PDI-P, yang saat ketuanya bilang A semuanya ikut,” kata Toni.

Hal itu disampaikannya saat diwawancarai harianmomentum.com usai berlangsungnya Musyawarah Wilayah (Muswil) DPW PAN Lampung, Selasa (21-7-2020).

Menurut dia, beberapa kali pemilihan umum kepala daerah kerap terjadi berbedaan pendapat antara DPW dan DPP.

“Hanya karena perebutan rekomendasi, saya lihat kurang kokoh PAN itu, bahkan sempat ketua DPW-nya berani beda dengan pilihan DPP karena alasan ini dan itu,” tuturnya.

Menurut dia, hal itu terjadi karena adanya persoalan atau konflik antara elit dan individu partai.

Baca juga: Irham Bawa Harapan Baru, PAN Tanpa Perpecahan

Kini, di masa kepemimpinan Ketua DPW PAN Lampung periode 2020-2025, Irham Jafar Lan Putra, banyak kader yang berbunga-bunga. Bahkan salah satu kader PAN menyebut bahwa untuk pertama kalinya pemilihan ketua DPW berlangsung aklamasi.

Melihat realita itu, Toni menyebut ada kemungkinan PAN mendatang berubah, menjadi partai yang lebih solid. Alasan dia, Irham adalah tokoh tua dan mungkin cukup disegani.

“Berubah itu ada indikatornya. Tapi yang jelas secara individu beliau ini kan orang lama PAN, keluarganya tergolong sosok sesepuh PAN,” tuturnya.

Walau begitu, Toni pun sempat menyoroti dari sisi regenerasi, yang menurutnya kurang elok. “Beliau sudah tua dan sudah sangat senior. Sementara tahta DPW PAN sempat turun ke yang muda,” ucapnya.

Tapi mungkin, sambung dia, itu lah yang dibutuhkan oleh PAN Lampung saat ini. “Senioritasnya ini bisa merangkul banyak pihak,” ujarnya.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Advokat, Politisi dan Tokoh Muda Ambil Formul ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Sejumlah tokoh dan politisi pada hari yang ...


Modal Tujuh Kursi DPRD, PKS Bandarlampung Buk ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Ban ...


Janji Lanjutkan Kotabaru, Yusuf Kohar Daftar ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kotabaru, Lampung Selatan, semula akan d ...


KPU Pringsewu Pleno Penetapan Perolehan Kursi ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Pri ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com