Bupati Sambut Baik Terbentuknya Komunitas Disabilitas

Tanggal 22 Jul 2020 - Laporan - 727 Views
Komunitas Disabilitas Mesuji. Foto. Fahrul.

MOMENTUM, Tanjungraya--Bupati Mesuji Saply mengapreasiasi dan mendukung terbentuknya Komunitas Disabilitas Mesuji, sebagai sebuah gerakan relawan peduli pada penyandang disabilitas.

Pemerintah Kabupaten Mesuji tidak dapat berjalan sendiri dalam menyelesaikan seluruh persoalan di masyarakat. Untuk itu, dia berharap kehadiran Komunitas Disabilitas Mesuji menjadi mitra dalam pengembangan minat dan bakat penyandang disabilitas.

Hal tersebut disampaikan Bupati Mesuji Saply TH pada peresmian Komunitas Disabilitas Mesuji di SLB Negeri Mesuji, Bujungburing, Kecamatan Tanjungraya, Selasa (21-7-2020).

Dia mengajak masyarakat melakukan aksi nyata bagi penyandang disabilitas. "Mudah-mudahan dengan kesungguhan dan upaya kita bersama, hak-hak penyandang disabilitas di Kabupaten Mesuji dapat semakin terpenuhi,” ucapnya.

Ke depan, Pemerintah Kabupaten Mesuji secara bertahap akan bersungguh-sungguh melakukan langkah yang konkret, untuk membangun pendidikan yang layak dan inklusif bagi penyandang disabilitas, termasuk pembangunan fasilitas umum harus ramah difabel. 

Pada kesempatan itu, juga ditampilkan berbagai pertunjukan bakat dari penyandang disabilitas, antara lain seni tari, seni lukis, seni musik, kerajinan, dan lain sebagainya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Disabilitas Mesuji Andik Sudibyo mengatakan terbentuknya komunitas nirlaba ini dilatarbelakangi atas kepedulian pada penyandang disabilitas untuk memberikan kemampuan dan keahlian agar dapat mandiri secara ekonomi.

“Saat ini anggota sudah ada 46 penyandang disabilitas yang didominasi pelajar SLB Negeri Mesuji. Kami juga telah bekerja sama dengan pendamping sosial Dinas Sosial. Sehingga nantinya dapat menjangkau penyandang disabilitas lainnya di Mesuji,” jelas Andik.

Lanjut andik, beberapa keahlian yang diajarkan antara lain melukis, kerajinan tangan, membatik, menari, bermusik, dan lain sebagainya, ke depan akan dikembangkan lagi untuk mengajarkan keahlian menjahit dan desain busana.

Andik juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Mesuji yang memberikan kesempatan bagi jajaran ASN Pemkab Mesuji untuk ikut serta membantu mengajar di komunitas ini.

Dia berharap nantinya Komunitas Disabilitas Mesuji dapat berkembang dan bermanfaat memberikan kesuksesan bagi penyandang disabilitas pada keahlian masing-masing.

“Komunitas ini terbuka bagi penyandang disabilitas yang memenuhi kriteria. Kami juga mengajak siapapun yang memiliki kepedulian pada penyandang disabilitas untuk bergabung menyalurkan keahlian,” jelasnya. (*).

Laporan: Fahrul Roshid

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Wisuda Periode II 2024, Rektor Ajak Alumni Ha ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) R ...


Tanda Tangani IAC, UIN Raden Intan Berkomitme ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Gebyar HUT ke 25, SMPN 29 Bandarlampung Luncu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pentas seni, budaya, keagamaan dan bazar ...


Harkitnas, UIN Raden Intan Sambut Kebangkitan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com