Diparbudpora Tanggamus Latih Pemandu Wisata

Tanggal 22 Jul 2020 - Laporan - 585 Views
Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Pemkab Tanggamus Sukisno mengalungkan tanda peserta pelatihan pemandu wisata kuliner

MOMENTUM, Kotaagung--Pemerintah Kabupaten Tanggamus terus melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan sektor pariwisata sebagai salah satu sumber pendapatan daerah dan peningkatan perekonomian rakyat.

Terkait hal tersebut, Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Olahraga (Diparbudpora) Kabupaten Tanggamus menyelenggarakan Pelatihan Pemandu Wisata Kuliner, Rabu (22-7-2020). Kegiatan yang berlangsung di Hotel 21 Gisting itu akan berlangsung hingga 24 Juli mendatang.

Kepala Diparbudpora Kabupaten Tanggamus Retno Noviana Damayanti mengatakan, pelatihan tersebut diikuti 50 orang. Peserta berasal dari perwakilan kelompok masyarakat sadar wisata (pokdarwis) dari sejumlah kecamatan: Pematangsawa,  Airnaningan, Pulaupanggung, Kelumbayan, Cukuhbalak, Kecamatan Kotaagung dan Kecamatan Gisting. Selain itu juga para pelaku usaha ekonomi kreatif di bidang kulilner.

"Pelatihan ini bertujuan memberi pengetahuan dan pemahaman kepada para anggota Pokdarwis, tetang teknis pemandu wisata kuliner. Termasuk kepada para pelaku usaha ekonomi kreatif di bidang kuliner," kata Retno.

Dia berharap melalui pelatihan tersebut, bisa terbentuk tenaga pemandu wisata yang handal sebagai ujung tombak pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Tanggamus. 

Pelatihan tersebut dibuka Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Pemkab Tanggamus Sukisno. Dalam sambutan mewakili bupati, Sukisno mengatakan, Tanggamus merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Lampung yang memiliki potensi wisata cukup besar, khususnya wisata alam dan budaya.

Karena itu, lanjut dia, untuk mengoptimalkan upaya pengembangan sektor pariwisata diperlukan dukungan sumber daya manusai yang berkualitas.

"Pelatihan adalah bentuk upaya peningakatan kualitas sumber daya manusi untuk menopang pengembangan sektor pariwisata menjadi salah satu sumber utama pendapagan daerah," kata Sukisno. (**)

Laporan: galih

Editor: munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sempat Dirawat di RSUAM, Kondisi Satu JCH Lam ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kondisi jemaah calon haji (JCH) asal Lam ...


Pringsewu Pelajari Sistem Pelayanan Terpadu d ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Jajaran Pemerintah Kabupaten Pringsewu mel ...


Pekon Ganjaran Salurkan Bantuan Beras kepada ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Pekon Ganjaran, Kecamatan Pagel ...


508 Pegawai di Kabupaten Mesuji Terima SK PPP ...

MOMENTUM, Mesuji -- Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar menyerahkan S ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com