Bawaslu Siap Tangani Sengketa Hasil Pleno KPU Kota

Tanggal 23 Agu 2020 - Laporan - 618 Views
Ketua Bawaslu Bandarlampung Candrawansyah.//ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Jika ada pihak yang tidak menerima hasil pleno rekapitulasi dukungan bakal calon independen (bacaden) yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kota setempat siap menangani sengketanya.

Ketua Bawaslu Bandarlampung Candrawansyah mengatakan, pihaknya hanya menunggu apapun yang disengketakan oleh bacaden yang tidak puas dengan keputusan KPU kota setempat.

"Ya kita tunggu saja di tiga hari kerja, apakah bacalon tersebut akan menggugat ke Bawaslu Kota Bandarlampung atau tidak,” kata Candra melalui pesan whatsapp yang diterima harianmomentum.com, Minggu (23-8-2020).

Untuk proses sengketa, tiga hari kerja terhitung sejak Senin-Rabu (24-26 Agustus). “Hari kerja digunakan pada tahapan penerimaan permohonan, registrasi permohonan, dan tindak lanjut putusan. Hari kalender digunakan pada tahapan musyawarah. Jadi hari penerimaan permohonan di Senin, Selasa, Rabu,” paparnya.

Jika melampaui batas tersebut, maka sengketa hasil pleno KPU yang telah berlangsung pada Jumat (21-8) itu tidak dapat diproses.

Baca juga: Ini Keterangan Resmi KPU Bandarlampung Pasca Pleno Dukungan Bacaden

Namun jika bacaden, pasangan Ike Edwin-Zam Zanariah melakukan sengketa pada waktu yang ditetapkan, maka Bawaslu punya waktu 12 hari untuk menangani proses sengketanya.

“Setelah kita registrasi, maka berlaku 12 hari dalam hal kita melakukan persidangan ajudikasi. Apabila nanti tidak ada titik temu dalam mediasi antara kedua belah pihak,” jelas Candra.

Sebelumnya, bakal calon Walikota Bandarlampung Ike Edwin tidak menerima hasil rekapitulasi dukungan perbaikan yang telah dilakukan jajaran KPU kota setempat. Menurut Ike, banyak dukungan yang semestinya memenuhi syarat (MS) namun dimasukkan dalam kategori tidak memenuhi syarat (TMS).(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Fauzi Ajak PKS Kembali Bersama Bangun Kabupat ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Bakal calon Bupati Pringsewu, Fauzi berlat ...


Maju Pilbub, Samsul Hadi Bertekat Benahi Tang ...

MOMENTUM, Tanggamus--Bakal Calon Bupati (Bacabup) H Samsul Hadi b ...


Sekjen Gerindra Resmi Deklarasikan Rahmat Mir ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Gerin ...


I Wayan Dhirpa Meriahkan Bursa Cabup di Lamba ...

MOMENTUM, Liwa--Bupati Lampung Barat (Lambar) periode 1997-2002, ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com