Pasangan Calon Peserta Pilkada Diminta Patuhi Kaidah Penyiaran

Tanggal 27 Agu 2020 - Laporan - 598 Views
KPID Lampung berkunjung ke KPU Waykanan. Foto. Vita.

MOMENTUM, Waykanan--Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Lampung mengingatkan peserta pemilihan kepala daerah (pilkada) agar mematuhi kaidah penyiaran publik dalam menggunakan jasa lembaga penyiaran.

Imbauan itu disampaikan Ketua KPID Lampung Febriyanto saat berkunjung ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Waykanan, Kamis (27-8-2020).

Menurut dia, dalam perhelatan pilkada, setiap pasangan calon akan menggunakan jasa lembaga penyiaran publik untuk mensosialisasikan diri. 

"Kami mengingatkan kepada semua pihak untuk mematuhi kaidah kaidah penyiaran publik, seperti tidak menggunakan isu SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan)," katanya.

Selain itu, KPID Lampung juga mengingatkan penyelenggara pilkada untuk mencermati kemitraan dengan lembaga penyiaran. Karena di Lampung, ada lembaga penyiaran televisi dan rasio yang belum lengkap perizinannya.

Sementara Ketua KPU Waykanan Refki Dharmawan mengapresisasi masukan yang diberikan KPID terkait lembaga penyiaran baik televisi maupun radio. 

Menurut dia, KPU Waykanan ingin mengoptimalkan jangkauan sosialisasi dan sebaran informasi pilkada melalui berbagai media. "Kami mendapatkan pencerahan terkait pemasangan iklan kampanye melalui lembaga penyiaran," katanya.

Soal iklan di media, KPU Waykanan berpedoman pada Peraturan KPU terkait kampanye Pilkada 2020. Peraturan itu mengatur soal jenis dan durasi iklan kampanye, baik yang difasilitasi KPU maupun iklan dari masing-masing pasangan calon. 

"Penggunaan lembaga penyiaran itu bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada di Waykanan.

Turut dalam kunjungan tersebut, Wakil Ketua KPID Lampung, Wirdayati, Korbid PS2P M. Iqbal Rasyid, Korbid Binwas Sri Wahyuni. (*)

Laporan: Vita.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pilkada Lamteng, Ardito Wijaya-Abdullah Suraj ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Bakal Calon Bupati Lampung Tengah dr. H. A ...


Arinal Djunaidi Hadiri Rakornas PAN 2024 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah bakal calon kepala daerah (calo ...


Ikut Uji Kelayakan Bacawagub di PDI Perjuanga ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua DPD Partai Demokrat Lampung, Edy I ...


Setelah PAN dan Nasdem, Mirza akan Daftar ke ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerind ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com