Dongkrak Partisipasi, KPU Jamin TPS Aman dari Covid-19

Tanggal 30 Agu 2020 - Laporan - 635 Views
Foto bersama peserta sosialisasi bertema "Mendongkrak partisipasi pemilih pemula dan milenial di tengah pandemi'./ist

MOMENTUM, Bandarjaya--Dongkak partisipasi pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjamin keamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). 

Hal itu disampaikan Anggota KPU Lampung Tio Aliansyah pada sosialisasi yang diselenggarakan di Bandarjaya, Kamis (27-8-2020). 

Menurut Tio, dihadapan para pemuda dan pelajar yang menjadi peserta sosialisasi, KPU selaku penyelenggara pemilu menjamin bahwa pelaksanaan pemungutan suara di tengah pandemi Covid-19 akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dia mencontohkan, selain tetap menggunakan masker dan cuci tangan, akan digunakan sarung tangan agar pemilih merasa aman. 

Tio melanjutkan, sesuai tema sosialisasi "Mendongkrak partisipasi pemilih pemula dan milenial di tengah pandemi', KPU menjamin agar para pemilih merasa aman dan nyaman.

Ketua KPU Lampung Tengah, Irawan Indrajaya mengatakan setiap pemuda, pelajar, pemilih pemula, kaum milenial diharapkan berpartisipasi aktif dalam pemilu. 

Tak hanya datang ke TPS sebagai pemilih, tetapi juga bergerak untuk mengajak para pemilik suara yang lain untuk datang ke TPS. Irawan juga menjamin KPU Lamteng akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat di TPS-TPS. 

"Para milenial dapat membantu menyosialisasikan lewat media sosial. Para pemuda harus jadi agen perubahan, " ujar Irawan. 

Anggota Bawaslu Lamteng Edwin Nur juga mengajak para pemuda, pemilih pemula dan kaum milenial ikut aktif mengawasi, melaporkan pelanggaran dan tidak terlibat dalam tindakan-tindakan yang menciderai demokrasi. 

"Kami bentuk pengawasan partisipatif di titik tertentu. Tetapi secara umum kami juga mengajak semua ikut mengawasi dan melaporkan dugaan pelanggaran," kata Edwin. 

Tokoh masyarakat yang juga mantan Ketua KPU Lamteng, Budi Hadi Yunanto mendorong para pemuda untuk aktif berpartisipasi dalam demokrasi, menggunakan teknologi secara cerdas untuk menjalankan mandat berdemokrasi.

Lamen Hendra Saputra dari LMND meminta para pemuda, pelajar, pemilih pemula untuk berfikir progresif. Menolak menjadi komoditi politik, melainkan berperan aktif mengawal demokrasi dari proses hingga hasilnya. 

"Ayo ikut berdemokrasi. Jangan hanya jadi komoditi, ikuti dan kawal prosesnya. Pantau hasilnya dan terus aktif mengawasi pemerintahan yang dipimpin calon terpilih," kata dia. 

Seratusan pelajar dan pemuda se-Lamteng antusias mengikuti sosialisasi pemilihan bupati dan wakil bupati yang digelar KPU Lamteng, Kamis (27-08) di Bandarjaya.

Pada sosialisasi dan diskusi tersebut menghadirkan Komisoner KPU Provinsi Lampung Divisi Hukum dan Pengawasan M Tio Aliansyah, Ketua KPU Kabupaten Lamteng Irawan Indra Jaya, Anggota Bawaslu Lampung Tengah Divisi Pencegahan dan Pengawasan Edwin Nur, Budi Hadi Yunanto selaku Tokoh Masyarakat yang juga mantan Ketua KPU Kabupaten Lamteng periode 2014-2019 dan Lamen Hendra Saputra, selaku Ketua Liga Pemuda Indonesia Provinsi Lampung.

Sementara Wakil Ketua PWI Provinsi Lampung Bidang Pembelaan Wartawan Juniardi didapuk sebagai moderator.

Ketua KPU Lamteng Irawan Indra Jaya mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung terlaksananya acara.

Mengingat situasi, di tengah Pandemi Covid-19, peserta sosialisasi telah dibatasi. Tetapi karena respon yang sangat baik dari sekolah-sekolah dan organisasi pemuda, jumlah peserta sampai melebihi kapasitas. Menurut Irawan, sosialisasi ini sangat penting, terutama untuk mengajak kaum milenial dalam menyebarkan ajakan memilih pada 9 Desember 2020.

"Saya apresiasi semua pihak yang mendukung acara ini. Mari bersama-sama mengajak semua elemen agar bet Partisipasi dalam demokrasi," kata Irawan. 

Diantara hiburan yang disuguhkan pada pembukaan sosialisasi itu, ada stand up comedy dari salah satu siswa SMK N Seputihagung, Tari Kreasi dari siswa SMK Pangudi Luhur Seputihmataram. (**)

Laporan: rilis/Asdijal

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Mantap Maju Pilwakot, Iqbal Ardiansyah Daftar ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua KNPI Lampung Iqbal Ardiansyah mera ...


Maju Pilkada 2024, Caleg Terpilih Harus Mundu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim ...


Ketua KPU Diduga Cawe-cawe Soal Rekrutmen PPK ...

MOMENTUM, Kotabumi--Proses rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan ...


Pilbup Tanggamus, Saleh Asnawi Resmi Gabung G ...

MOMENTUM, Tanggamus--Tokoh masyarakat Kabupaten Tanggamus yang ju ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com