Pendamping Paslon Daftar ke KPU Pesawaran Maksimal 20 Orang

Tanggal 31 Agu 2020 - Laporan - 709 Views

MOMENTUM, Gedongtataan--Pendaftaran pasangan calon (paslon) peserta pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 4-6 September 2020.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerbitkan sejumlah kebijakan terkait dengan pelaksanaan pilkada di masa pandemi Covid-19. Antara lain, pembatasan jumlah pendamping pasangan calon peserta pilkada mendaftar ke KPU.

Ketua KPU Pesawaran, Yatin Putro Sugino mengatakan kebijakan itu diatur dalam Peraturan KPU Nomor 6. "Pendaftaran pasangan calon, standarnya sesuai kapasitas ruangan," katanya, Senin (31-8-2020). 

Namun, karena pandemi Covid-19, kata dia, jumlah pendamping pendaftaran pasangan calon, disarankan hanya  setengah dari kapasitas ruangan. 

Dia mencontohkan kapasitas ruangan di kantor KPU Pesawaran, diperkirakan maksimal 30 orang. Berarti, pasangan calon saat mendaftar, total pendampingnya sekitar 15  sampai 20 orang.

“Itu standar protokol kesehatan yang harus dipatuhi bersama," katanya. Sementra simpatisan maupun pendukung lainnya untuk menunggu di rumah. "Kami akan siarkan secara langsung di media sosial kami, baik Facebook maupun Instagram,” jelasnya.

Menurut Yatin, itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan yang berdesak desakan. Karena dikhawatirkan, jika terjadi kerumunan yang cukup padat, standar protokol kesehatan tidak dapat dilaksanakan secara maksimal, tandasnya. (*)

Laporan: Rifat Arif.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Mantap Maju Pilwakot, Iqbal Ardiansyah Daftar ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua KNPI Lampung Iqbal Ardiansyah mera ...


Maju Pilkada 2024, Caleg Terpilih Harus Mundu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim ...


Ketua KPU Diduga Cawe-cawe Soal Rekrutmen PPK ...

MOMENTUM, Kotabumi--Proses rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan ...


Pilbup Tanggamus, Saleh Asnawi Resmi Gabung G ...

MOMENTUM, Tanggamus--Tokoh masyarakat Kabupaten Tanggamus yang ju ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com