Limbah Medis, DPRD Pesawaran akan Tinjau Gudang Farmasi Dinkes

Tanggal 03 Sep 2020 - Laporan - 837 Views
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Pesawaran Roliyansyah

MOMENTUM, Gedongtataan--Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesawaran memanggil Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) setempat, Kamis (3-9-2020).

Pemanggilan tersebut terkait temuan limbah medis berupa obat-obatan kadaluarsa yang berserakan di belakang kantor dinkse setempat.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Pesawaran Roliyansyah mengatakan, pemanggilan itut untuk meminta penjelasan dari dinkes terkait temuan limba medis tersebut.

"Berdasarkan keterangan dari kadis terkait, obat-obatan tersebut bukan berasal dari pengadaan dinas, sebab obat itu masuk kategori paten yang diperjualbelikan di pasaran umu," kata Roliansyah usai rapat dengan pendapat dengan dinkes setempat.

Meski demikian, dia memastikan akan melakukan pengecekan lebih lanjut guna menemukan pelaku pembuangan limbah medis tersebut. 

"Kami akan lakukan tindak lanjut berupa pengecekan gudang farmasi, benar tidaknya pernyataan dari Kadis Kesehatan. Komisi IV juga akan lakukan pengecekan di RSUD Pesawaran," tambahnya.

Dia merinci jenis obat-obatan kadaluarsa yang ditemukan berserakan di belakang kantor dinkes setempat, antara lain: terterum obat anti mual, grapalin obat asma serta probion obat penambah vitamin.

"Kita akan telusuri, tentang kebenaran dari pernyataan Kadis (Kesehatan). Kita juga akan melihat Rancangan Anggaran Belanja (RAB) terkait pengadaan obat-obatan," tegasnya.(**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com