Peserta Terkejut, Ketua KPU Sebut Pasangan Yusuf-Tulus TMS

Tanggal 04 Sep 2020 - Laporan - 3907 Views
Bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota, M Yusuf Kohar – Tulus Purnomo. Foto: acw

MOMENTUM, Bandarlampung--Bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Bandarlampung M Yusuf Kohar – Tulus Purnomo adalah pasangan terakhir yang menyerahkan berkas pencalonannya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota setempat.

Proses pengecekan syarat pencalonan terhadap pasangan dengan jargon Yutuber (Yusuf – Tulus Bersama), Bandarlampung Makmur itu rampung pada Jumat sore (4-9-2020).

Pasca rampung, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung Dedy Triadi pun membacakan hasilnya.

Dedy menyebut, berdasarkan hasil penelitian keabsahan dokumen, bakal calon kepala daerah (bacalonkada), pasangan Yutuber dinyatakan TMS.

“Berdasarkan hasil penelitian, pasangan calon dinyatakan TMS,” ujar Dedy, seraya menjeda perkataan selanjutnya.

Suasana di ruangan tersebut mendadak hening. Para pendukung pasangan calon terkejut, sambil menunggu kata-kata selanjutnya dari Dedy.

“Telah memenuhi syarat (TMS),” sambung Dedy, melanjutkan perkataannya.

Suasana yang semula hening pun berubah hingar-bingar. Tepuk tangan yang meriah menghiasai ruangan, tempat berlangsungnya penyerahan syarat pencalonan.

“Sekarang ini kan istilah MS dan TMS lagi fenomenal,” ujar Dedy.

Biasanya istilah MS dan TMS itu dipakai oleh Bawaslu. Namun dalam istilah Bawaslu MS diartikan memenuhi syarat. Sementara TMS diartikan tidak memenuhi syarat.

Istilah itu pun mulai populer pasca terlaksananya verifikasi faktual dukungan bakal calon independen di kota setempat.

Baca juga: Yutuber Datang, Teriakan Bandarlampung Makmur Menggema di KPU

Ketua KPU Bandarlampung Dedy Triadi menerima syarat pendaftaran bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota, M Yusuf Kohar – Tulus Purnomo. Foto: acw

Sebelumnya, pasangan Yusuf Kohar - Tulus Purnomo resmi mendaftar di KPU Kota Bandarlampung, untuk maju di Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang.

"Alhamdulillah, hari saya dan Pak Tulus didampingi ketua partai politik dan tim resmi mendaftar di KPU sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Bandarlampung," kata bakal calon Walikota petahana, M Yusuf Kohar, usai mendaftar.

Tentu, kata Yusuf Kohar. Dengan komitmen bersama antara walikota dan wakil, keduanya akan membangun Ibu Kota Provinsi Lampung menjadi lebih baik lagi. Khsusunya soal penataan kota, mulai dari penyediaan ruang terbuka hijau di sejumlah kecamatan dan titik keramaian.

Kemudian, pembangunan embung untuk menanggulangi banjir yang kerap terjadi di sejumlah titik di kota Bandarlampung serta pendataan kependudukan dengan tujuan agar keabsahan masyarakat jelas.

"Kalo data penduduk jelas, maka sejumlah bantuan seperti bansos (bantuan sosial), rastra (beras sejahtera), PKH, KIS, KIP, dan lainnya dapat tepat sasaran," jelasnya.

Sementara bakal calon Wakil Walikota Tulus Purnomo menegaskan bahwa pilkada bukanlah ajang untuk adu kekuatan. “Tapi ajang untuk adu ide dan gagasa,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPD Partai Demokrat Bandarlampung, Budiman AS mengatakan, bersama sejumlah partai pendukung mereka siap menghantarkan pasangan M Yusuf Kohar - Tulus Purnomo menuju kemenangan.

"Kami datang kesini menghantarkan bakal pasangan colon yang kami usung. Alhamdulillah, tadi berkas di nyatakan lengkap dan memenuhi syarat," tutur Budiman AS.

Selain petinggi Demokrat (5 kursi), para petinggi empat partai koalisi lainnya juga turut hadir menghantarkan pasangan Yutuber: PAN (6 kursi), PKB (3 kursi), Perindo (2 kursi), dan PPP (1 kursi).(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Setelah PAN dan Nasdem, Mirza akan Daftar ke ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerind ...


Bakal Calon Bupati Fauzi akan Berkomunikasi d ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Bakal calon Bupati Pringsewu Fauzi dalam w ...


Siap Tarung Pilgub, Arinal Ajak Demokrat Bang ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua DPD Golkar Lampung, Arinal Djunaid ...


Tuntaskan Janji Kerja, Arinal Kembali Ikut Ko ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Arinal Djunaidi bakal kembali mengikuti ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com