Penetapan Calonkada 23 September 2020

Tanggal 07 Sep 2020 - Laporan - 703 Views
Nama-nama bakal pasangan calon kepala daerah delapan kabupaten/kota.//dok

MOMENTUM, Bandarlampung--Dua puluh tiga bakal pasangan calon kepala daerah (bapaslonkada) di Provinsi Lampung telah resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pendaftaran tersebut dilakukan mulai 4-6 September 2020 di masing-masing kantor KPU kabupaten/kota yang menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

“Status pendaftaran 23 bapaslonkada telah diterima oleh masing-masing KPU kabupaten/kota yang menggelar Pilkada tahun 2020,” kata ketua KPU Lampung Erwan Bustami melalui pesan whatsapp, Minggu malam (6-9-2020).

“Total ada 23 bapaslonkada yang mendaftar. Selanjutnya mereka semua harus melalui beberapa tahapan berikutnya,” tambah Erwan.

Tahapan yang dimaksud diantaranya: Pemeriksaan kesehatan yang dimulai sejak 4-11 September yang hasilnya paling lambat akan diketahui pada 12 September 2020.

Selanjutnya verifikasi syarat calon yang dimulai pada 6-12 September, lantas pemberitahuan hasil verifikasi dijadwalkan pada 13-14 September 2020.

Kemudian jika ada dokumen yang belum lengkap maka harus diserahkan pada 14-16 September 2020, yang hasilnya (pengumuman dokumen perbaikan) akan disampaikan pada 14-22 September 2020

“Untuk penetapan pasangan calon pada 23 September. Sehari setelahnya, yaitu pada 24 September akan dilaksanakan pengundian nomor urut pasangan calon,” jelas Erwan. 

Di Kota Bandarlampung, ada tiga bapaslonkada yang sudah mendaftar: Rycko Menoza- Johan Sulaiman; Eva Dwiana-Deddy Amarullah; dan M Yusuf Kohar-Tulus Purnomo.

Selanjutnya di Metro ada empat bapaslonkada: Wahdi-Qomaru Zaman (calon perseorangan); Anna Morinda-Frits A. Nuzir; A. Mufti Salim-Saleh Chandra P; dan Ampian Bustami-Rudy Santoso.

Kemudian dua bapaslonkada Pesawaran: M. Nasir-Naldi Rinara S.R dan Dedi Ramadhona K-Marzuki. Lalu di Lampung Selatan ada Nanang Ermanto-Pandu Kesuma Dewangsa; Hipni-Melin Haryani W; serta Tony Eka Candra-Antoni Imam.

Lantas di Lampung Timur ada bapaslonkada Zaiful Bokhari-Sudibyo; Yusran Amirullah-R. Benny Kisworo; dan Dawam Rahardjo-Azwar Hadi. Di Lampung Tengah ada Loekman Djoyosoemarto-M. Ilyas Hayani Muda; Musa Ahmad-Ardito Wijaya; serta Nessy Kalvia-Imam Suhadi.

Berikutnya di Waykanan dua bapaslonkada: Raden Adipati Surya-Ali Rahman; dan Juprius-Rina Marlina. Terakhir di Pesisir Barat ada tiga bapaslonkada: Pieter-Fahrurrazi; Aria Lukita Budiwan-Erlina; dan Agus Istiqlal-A. Zulqini Syarif.

Diketahui, di Kota Bandarlampung ketiga bapaslonkada resmi mendaftarkan diri pada 4 September 2020. 

Pasangan Rycko Menoza- Johan Sulaiman mendapat kesempatan pertama untuk mendaftar. Mereka diusung Partai Golkar dan PKS.

Kemudian disusul Eva Dwiana-Dedi Amarullah yang diusung PDIP, Nasdem dan Gerindra. Terakhir M.Yusuf Kohar-Tulus Purnomo diusung Partai Demokrat, PAN, PKB, Perindo dan PPP. 

Ketua KPU Bandarlampung Dedy Triadi menyatakan seluruh berkas pendaftaran bakal calon dinyatakan lengkap. Hanya, surat pemberhentian sebagai anggota DPRD saja belum ada.

“Tapi surat pernyataan mengundurkan diri bermaterai sudah ada. Nanti SK berhentinya sedang berproses. Secara keseluruhan berkas ketiga bapaslonkada sudah lengkap,” katanya.(**)

Laporan: Agung Chandra Widi

Editor: Andi Panjaitan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Mantap Maju Pilwalkot Bandarlampung, Reihana ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Mantan Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) ...


Made Bagiasa Masuk Bursa Pilbup Lamteng ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kader potensial Partai Golkar Lampung ke ...


Pinang Tiga Parpol, Wahdi Komitmen Perjuangka ...

MOMENTUM, Metro--Setelah Partai Nasdem, Wahdi Siradjuddin kembali ...


Maju Pilkada, Mirza Punya Tiga Sponsor ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bakal calon gubernur Lampung Rahmat Mirz ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com