Luncurkan PJU Tenaga Surya, Dendi Targetkan 100 Persen Wilayah Pesawaran Teraliri Listrik

Tanggal 17 Sep 2020 - Laporan - 684 Views
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona meluncurkan sarana PJU-TS di Kecamatan Kedondong

MOMENTUM, Kedondong--Saat ini, hampir 99 persen wilayah Kabupaten Pesawaran sudah teraliri layanan penerangan listrik. Terkait hal tersebut, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona manargetkan, hingga akhir masa kepemimpinanya (periode 2016-2021), seratus persen wilayah kabupaten setempat teraliri listrik.

Target tersebut disampaikan Bupati Dendi Ramadhona saat meluncurkan sekaligus meletakan batu pertama pembangunan sarana Penerangan Jalan Umum-Tenaga Surya (PJU-TS). Kegiatan berlangsung di Balai Desa Tempelrejo, Kecamatan Kedondong, Kamis (17-9-2020). 

"Sekarang sudah hampir 99 persen wilayah Kabupaten Pesawaran teraliri listrik. Kita targetkan selama masa jabatan saya, seluruh wilayah Kabupaten Pesawaran dapat teraliri listrik," kata bupati.

Untuk mencapai target 100 persen tersebut, upaya pemenuhan pelayanan listrik juga dilakukan di wilayah kepulauan  

"Di Pulau Pahawang hari ini sudah teraliri listrik dengan sistem jaringan bawah laut. Kemudian di Oulau Legundi karena bentangnya terlalu panjang, untuk sementara kita bangunkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)," jelasnya.

Karena itu, kata bupati, dibutuhkan peran aktif dan dukungan semua pihak. Tidak bisa hanya mengandalkan APBD.

"Saya terus menjalin koordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat termasuk dengan perusahaan-perusahaan swasta untuk membantu pemenuhan pelayanan listrik pada masyarakat," ungkapnya.  

Dia mencotohkan, kerjasama dengan pihak swasta untuk pemenuhan pelayanan listrik itu dilakukan dalam bentuk pembangunan PJU-TS.

"Pemasangan PJU-TS ini merupakan kerjasama dengan swasta. Kita usulkan sebanyak 10 ribu titik pada sebelas kecamatan. Untuk sementara, baru direalisasikan di 33 desa pada tiga kecamatan yaitu Waylima, Kedondong dan Kecamatan Waykhilau," ungkapnya.

Sebelumnya, lanjut dia, Pemkab Pesawaran juga mendapatkan bantuan program penerangan jalan umum (PJU) dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal    

"Kemarin kita juga dapat dari kementerian PDT program PJU tapi tidak banyak. Terpenting  bagaimana upaya kita dalam melakukan pembangunan di Kabupaten Pesawaran, agar masyarakat lebih sejahtera," terangnya. 

Menurut dia, pelayanan penerangan listrik menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan program pembangunan.

"Listrik ini menjadi salah satu penunjang utama kemajuan daerah karena listrik sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat dalam segala bidang," jelasnya. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Yansos Jejama Salurkan Bantuan untuk Penyanda ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penyandang disabilitas warga Kecamatan Gad ...


Danpuspom AD Mayjen Eka Wijaya Tinjau Proges ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) ...


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


Selama Sepuluh Tahun Terakhir, Pemprov Pertah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung be ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com