Tingkatkan Produksi Kopi, Gubernur Siapkan Beberapa Program

Tanggal 23 Sep 2020 - Laporan - 460 Views
Gubernur Arinal Djunaidi menjadi narasumber dalam webinar bertema "Solusi Penyerapan dan Pembiayaan Kopi di Tengah Pandemi", Rabu (23-9-2020).

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi menyiapkan sejumlah program meningkatkan produksi dan produktifitas kopi Lampung.

Antara lain: program peremajaan, Intensifikasi perkebunan kopi, menerapkan tumpang sari dengan lada. Lalu, peningkatan mutu melalui pendampingan kopi. Lalu, menyiapkan industri rumahan berkualitas dan melakukan tanam kopi di lahan masyarakat.

Hal itu disampaikan Arinal saat menjadi narasumber dalam webinar bertema "Solusi Penyerapan dan Pembiayaan Kopi di Tengah Pandemi", Rabu (23-9-2020).

Gubernur menyebutkan, Lampung merupakan salah provinsi penghasil kopi robusta terbesar di Provinsi Lampung. Pada 2019 produksi Kopi Lampung sebesar 110.264 ton dengan luas lahan 156.821 hektare.

"Posisi sebaran kopi ini hampir sebagian besar di kawasan hutan, sehingga tidak atau belum sepenuhnya melaksanakan teknologi," sebutnya.

Jika dibandingkan Vietnam yang bisa menghasilkan 5 hinyga 6 ton per hektarenya, Lampung hanya mampu menghasilkan 0,7 ton setiap hektare.

"Hal ini dikarenakan di kawasan tidak boleh melakukan pengembangan teknologi di dalam pemeliharaan secara berkelanjutan," ujarnya.

Karena itu, Arinal telah menyiapkan beberapa program untuk meningkatkan produksi dan produktisitas kopi robusta Lampung.

"Kopi di Lampung masih bersifat hulu. Untuk itu. Saya menginginkan ke depan sampai ke hilirisasi," sebutnya.
Antara lain melalui program peremajaan, Intensifikasi perkebunan kopi," ucapnya.

Dia menjelaskan produksi kopi Lampung, ada di lima kabupaten: Lampung Barat, Tanggamus, Lampung Utara, Waykanan, dan Pesisur Barat.

"Dalam kurun 5 tahun terakhir, kontribusi produksi kopi Lampung terhadap Kopi Nasional rata-rata sebesar 16 persen," tuturnya. (**)

Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Yansos Jejama Salurkan Bantuan untuk Penyanda ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penyandang disabilitas warga Kecamatan Gad ...


Danpuspom AD Mayjen Eka Wijaya Tinjau Proges ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) ...


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


Selama Sepuluh Tahun Terakhir, Pemprov Pertah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung be ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com