Pemkab Waykanan Dukung Program Jaga Desa

Tanggal 23 Sep 2020 - Laporan - 515 Views
Penandatangan nota kesepahaman kerja sama pelaksanaan program jaga desa antara Pemerintah Kabupaten Waykanan dan Kejaksaan Negeri setempat

MOMENTUM, Blambanganumpu--Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan efektifitas pengelolaan dana desa. Salah satunya melalui Program Jaga Desa. 

Program Jaga Desa merupakan kerjasama Kejaksaan Agung dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

"Jaga Desa merupakan program mengawal proses pengelolaan dan pemanfaatan dana desa, agar berjalan sesuai aturan yang berlaku, untuk kepentingangan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa," kata Bupati Waykanan Raden Adipati Surya usai menandatangani nota kesepahaman kerjasa pelaksanaan program Jaga Desa dengan kejaksaan negeri setempat. Penandatangan nota kesepahaman kerja sama itu berlangsung di ruang rapat utama Kantor Pemkab Waykanan, Rabu (23-9-2020).

Menurut Adipati, program Jaga Desa diterapkan pada seluruh desa di Indonesia, termasuk Kabupaten Waykanan.

Dalam pelaksanaan program tersebut, kejaksaan berperan sebagai mitra aparatur desa untuk mengelola dan memanfaat dana desa sesuai aturan yang berlaku.

"Sebagai lembaga penegak hukum, kejaksaan tidak bisa dimaknai sebagai lembaga yang hanya melakukan penuntutan. Lebih dari itu, kejaksaan punya peran mencegah terjadinya pelanggaran hukum. Dalam konteks ini adalah aturan pengelolaan dana desa. Karena itu, dalam program Jaga Desa, kejaksaan berperan sebagai mitra aparatur desa," terangnya.

Bupati meminta instansi terkait: inspektorat, Dinas PMK, BPKAD, Bagian Hukum, Camat dan para kepala kamapung bersinergi agar program Jaga Desa di Kabupaten Waykanan dapat terlaksana dengan baik. (**)

Laporan: Novita Sari

Editor: Munizar


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


Selama Sepuluh Tahun Terakhir, Pemprov Pertah ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung be ...


DPRD Umumkan Akhir Jabatan Gubernur Lampung P ...

MOMENTUM, Bandarlampung--DPRD Provinsi Lampung mengumumkan dan me ...


Gubernur Buka Lampung Craft V ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi dan Ketua Dekra ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com