Bupati Pesawaran Serahkan SK Pengelolaan Lahan Register

Tanggal 25 Sep 2020 - Laporan - 522 Views
Bupati Pesawaran Dendi Ramdhona menyerahkan SK pengelolaan lahan register kepada Kelompok Tani Hutan

MOMENTUM, Gedongtataan--Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pengakuan dan Perlindungan Kementerian Kehutanan (Kulin KK), tentang Hak Pengelolaan Lahan Register kepada sejumlah Kelompok Tani Hutan di kabupaten setempat.

Penyerahan SK hak pengelolaan lahan register itu, berlangsung di Desa Bayasjaya, Kecamatan Waykhilau, Jumat (25-9-2020).

Bupati mengatakan,  SK tersebut sebagai landasan atau dasar hukum bagi Kelompok Tani Hutan (KTH) untuk mengelola lahan register milik negara yang ada di Kabupaten Pesawaran.

"Sebenarnya sejak tiga tahun lalu kami merencanakan untuk membagikan hak kelola lahan negara seluas 32 ribu hektare di dalam empat register yang berada dalam kawasan hutan di Kabupaten Pesawaran. Alhamdulillah sekarang dapat terselesaikan melalui Program Perhutanan Sosial (PPS) yang berada di bawah kewenangan Menteri LHK RI Siti Nurbaya," kata bupati.

Menurut dia, realisasi PPS dilaksanakan secara bertahap dengan melibatkan berbagai stakeholder yang terkait dengan program tersebut.

"Dalam merealisasikan PPS untuk Kelompok Tani Hutan (KTH) dilaksanakan secara bertahap, dengan Dewan Riset Daerah dan stakeholder lainnya," jelasnya. Sesuai aturan, lrgalitas hak pengelolaan lahan registrasi itu belaku selama 35 tahun.

Selanjutnya dapat di perpanjang jika mentaati program perhutanan sosial," sambungnya.
Kelompok Tani Hutan penerima SK hak kelola tersebut, antara lain: KTH Cirompang Jaya, Cirompang Lestari, dan KTH Indah Jaya. (**)

Laporan: Rifat Arif 
Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


TMMD Lambar, Pelajar SMP Diberi Pemahaman Waw ...

MOMENTUM, Airhitam--Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negar ...


Yansos Jejama Salurkan Bantuan untuk Penyanda ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penyandang disabilitas warga Kecamatan Gad ...


Danpuspom AD Mayjen Eka Wijaya Tinjau Proges ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) ...


Pj Bupati Lambar Buka TMMD ke 120 ...

MOMENTUM, Airhitam--Penjabar Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com